recent

Puluhan Guru MUDI Menikah

SAMALANGA - Bulan Syawal merupakan salah satu bulan yang baik untuk menikah, karena itu sudah menjadi tradisi setiap tahunnya banyak dewan guru di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga yang melepas masa lajang mereka setelah lebaran Idul Fitri. Pada Rabu pagi (08/13/2014) Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga kembali mengadakan acara nikah yang melibatkan 24 pasangan. Hal ini merupakan rekor tersendiri mengingat sebelumnya jumlah pasangan terbanyak dalam prosesi nikah yang pernah diadakan di dayah MUDI adalah 16 orang.

Seperti biasanya acara nikah yang tergolong massal ini diadakan di Mesjid Po Teumeuruhom yang berlokasi di komplek Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga dengan dipimpin langsung oleh al-Mukarram al-Fadhil Abu MUDI (Syeikh H. Hasanoel Bashri HG). Mayoritas calon pengantin ini adalah guru di Dayah MUDI Mesra yang masih aktif mengajar, sementara sebahagian yang lain adalah alumni dari MUDI sendiri.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh protokol yang kemudian dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al-Qur'an. Selanjutnya para wali pengantin pria menyerahkan mahar kepada wali pengantin wanita di hadapan para hadirin. Setelah itu, para calon pengantin mendengarkan tausiah yang kali ini disampaikan oleh Tgk. H. Helmi H. Imran. Dalam tausiah nya, beliau menyampaikan bagaimana tata cara berumah tangga agar nantinya para calon pengantin ini bisa menjalani kehidupan rumah tangga yang harmonis untuk menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah.

“Dalam menjalani rumah tangga kita harus banyak bersabar, karena terkadang ada hal-hal yang terjadi setelah pernikahan tidak seperti yang kita perkirakan sebelumnya. Karena itu bersabar adalah kunci utama dalam membina rumah tangga,” tutur Tgk. Helmi dalam tausiah nya.

Pada sesi terakhir yang merupakan inti sari dari acara nikah adalah ijab qabul yang dilakukan antara calon pengantin pria dengan Abu MUDI yang bertindak sebagai wakil dari wali calon pengantin wanita. Selesai ijab qabul, para calon pengantin pria di-peusijuek dengan lantunan shalawat yang dibacakan oleh para hadirin.
Puluhan Guru MUDI Menikah Reviewed by Mudi Mesra on Wednesday, August 13, 2014 Rating: 5

1 comment:

All Rights Reserved by Dayah MUDI Mesra © 2017

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.