Perayaan Tahun Baru Islam di Dayah MUDI.
SAMALANGA - Menjelang Tahun Baru Islam 1436 H, Panitia Hari  Besar Islam (PHBI) MUDI Mesjid Raya Samalanga mempersiapkan beragam kegiatan untuk memeriahkan 1 Muharram yang merupakan salah satu hari besar dalam Islam.

Diantara kegiatan yang akan dilaksanakan adalah musabaqah dan Tabligh Akbar. Perlombaan yang akan dilombakan sebanyak 11 cabang perlombaan, diantaranya lomba baca kitab Mahalli, baca kitab Al-Bajuri, lomba pidato Bahasa Aceh, fahmil kutub, syarhil quran, debat Bahasa Arab, debat Bahasa Inggris, hafal matan bait Alfiyah, hafal bait Matan Jauharah, hafal bait Matan Sulam al-Munawraq, dan lomba hafal qaidah. Demikian hasil musyawarah pengurus PHBI-MUDI yang dilaksanakan pada Kamis malam (28/08/2014) bertempat di rung Aula Institut Agama Islam Al-Aziziyah (IAIA) Samalanga.

Musabaqah tingkat provinsi ini akan diikuti oleh para santri Dayah MUDI sendiri yang akan mewakili kabupatennya masing-masing untuk bersaing mengharumkan nama daerahnya. 

Karena banyaknya acara dan jumlah peserta yang akan mengikuti perlombaan, maka acara akan dilakukan selama satu minggu penuh dengan jadwal siang hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 12.00 pagi.

Di samping penentuan mata perlombaan juga dilakukan pemilihan koordinator tiap-tiap cabang perlombaan, dan koordinator umum diketuai oleh Tgk. Junaidi M. Yusuf asal Seuneudon Pasee.
Musyawarah yang dipimpin oleh sekretaris umum PHBI, Tgk. Khairul Azfar Zulkarnain dimulai pukul 20.00 sampai pukul 23.00 yang dihadiri oleh hampir ratusan anggota dari kelas Tautiah dan Takhassus.

"Perlombaan ini bertujuan untuk melatih para santri agar lebih kreatif dan berbakat serta memotivasi mereka untuk semakin giat dalam belajar," ungkap Tgk. Muhajir Zainuddin dalam penutupan musyawarah. (maj)