recent

Pembangunan Kabilah RISALAH Untuk Santri Luar Aceh

SAMALANGA - Dengan tingkat kemajemukan yang cukup tinggi, Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga memiliki suatu badan organisasi intra dayah yang disebut kabilah. Organisasi ini beranggotakan santri dari setiap daerah atau regional tertentu yang bertujuan untuk memudahkan kegiatan santri setiap malam Jum'at berupa dalail dan muhadharah serta menetapkan guru meulang (belajar privat) bagi para santri dari daerah tersebut, di samping mengurus berbagai masalah kedaerahan lainnya di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada tanggal 8 Januari 2015 yang lalu Al-Mukarram Abu MUDI telah meresmikan peletakan batu pertama untuk pembangunan kabilah RISALAH (Rabithah Santri Luar Aceh) yang berlokasikan di Lampoh Wakaf. Kabilah RISALAH ini sendiri telah didirikan sejak bulan Muharram tahun 1435 H dengan memanfaatkan gedung IAIA lantai 2 sebagai tempat pusat kegiatan sementara. 

Peletakan batu pertama oleh Al-Mukarram Abu MUDI.

Santri yang tergabung ke dalam RISALAH merupakan santri yang berasal dari luar Aceh, di antaranya Sumut, Sumbar, Riau, Jambi, dan Banten, di samping beberapa santri lainnya yang berasal dari Negeri Jiran Malaysia. Sebelumnya para santri yang berasal dari luar Aceh tersebut terpencar ke kabilah-kabilah lainnya yang ada di Dayah MUDI. Secara keseluruhan saat ini ada sekitar 60 santri yang tergabung ke dalam kabilah yang diketuai oleh Tgk. Muhammad Sanusi Al-Mustaghfiri ini.

Mengikuti perkembangan terbaru di Dayah MUDI dimana balai-balai kabilah mulai dibangun dalam dua lantai, kabilah RISALAH pun direncanakan akan memiliki dua lantai juga dimana lantai atas akan difungsikan sebagai tempat belajar dengan lantai bawah nya sebagai kamar tamu bagi wali santri yang berkunjung ke Dayah MUDI. Sayangnya hingga memasuki bulan kedua ini pembangunan masih berada di tahap awal, hal ini dikarenakan adanya kendala dalam masalah pendanaan.

"Kami sangat mengharapkan adanya dukungan masyarakat baik berupa moril ataupun materil agar kiranya pembangunan kabilah kami ini dapat selesai dalam waktu yang singkat. Untuk bantuan materil nya bisa disampaikan melalui admin website," ungkap Tgk. Sanusi kepada mudimesra.com.
Pembangunan Kabilah RISALAH Untuk Santri Luar Aceh Reviewed by Mudi Mesra on Monday, February 16, 2015 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Dayah MUDI Mesra © 2017

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.