SAMALANGA - Bulan suci Ramadhan segera tiba, Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga pun telah terasa sepi sejak libur puasa dimulai pada Kamis yang lalu (11/06/15). Kegiatan belajar mengajar yang tak pernah padam di Dayah MUDI pun seolah-olah sedang berhibernasi untuk sementara. Namun hal itu tak akan lama karena begitu memasuki hari pertama bulan suci Ramadhan nanti Abu akan kembali mengasuh pengajian rutin setiap hari nya yang diadakan ba'da Subuh di sepanjang bulan puasa.



Setelah di beberapa bulan puasa sebelumnya dikaji kitab al-Fatawa al-Haditsiyyah karangan Imam Ibnu Hajar al-Haythami hingga tamat pada Ramadhan tahun lalu, di bulan suci yang akan datang ini pihak Bahtsul Masail MUDI telah menetapkan kitab Ayyuhal Walad karya Imam al-Ghazali sebagai bahan kajian di pengajian ba'da Subuh setiap harinya.

Kitab "Ayyuhal Walad" pada dasarnya merupakan jawaban Imam al-Ghazali kepada sepucuk surat yang dihantar oleh seorang murid beliau, di mana dalam surat itu murid beliau meminta agar Imam Al Ghazali r.a. sudi menulis sepucuk surat yang merupakan satu wasiat yang ditujukan kepadanya khusus, banyak pelajaran-pelajaran yang dapat kita petik nantinya dari wasiat-wasiat beliau kepada muridnya tersebut.

"Kitabnya sudah saya pesan, kemungkinan akan sampai pada hari ketiga puasa. Sebelum itu bagi para jama'ah yang akan menghadiri pengajian agar dapat mengambil kopian nya di Foto Copy Hidayah," ujar Tgk. Mursyidi, Ketua LBM MUDI, kepada mudimesra.com.