mudimesra.com | Ma'had Aly Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga yang merupakan satu-satunya Ma'had Aly di Aceh yang telah diresmikan oleh Menteri Agama RI dengan ijazah setara Strata Satu (S1) telah melaksanakan seleksi penerimaan mahasantri perdana pada Kamis pagi (11/08/2016). Pada sesi testing yang diadakan di kampus utama Ma'had Aly tersebut peserta tes mendekati angka 300 calon mahasantri dengan konsentrasi jurusan Fiqh wa Ushul. Materi tes berupa Pengetahuan Umum dan Agama, Test Potensi Akademik (TPA) dan Subtantif sesuai Program Studi, di samping juga diuji qiratul qutub dan wawancara.

Menurut sekretaris panitia Penerimaan Mahasantri baru, Teungku Mukhsalmina, jumlah calon mahasantri perdana saat ini sangat banyak, “Alhamdulillah, kami di tahun perdana membuka Ma'had Aly ini. Jumlah peminatnya sangat tinggi, karena masih di atas ketersediaan sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar perkuliahan. Sehingga, kami terpaksa harus melaksanakan seleksi yang ketat. Di samping itu minat yang tinggi bukan hanya dari para lulusan Aliyah Mudi bahkan para dewan guru juga punya minat dan peluang yang sama untuk menjadi Mahasantri di Ma'had Aly ini,” ungkap beliau yang juga kandidat master hukum Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Lhokseumawe.
[post_ad]
Sementara itu secara terpisah, Mudir Ma'had Aly Teungku H. Zahrul Fuadi, M. Pd yang akrab disapa dengan Abi MUDI memberikan semangat dan apresiasi yang sangat tinggi bagi yang telah menjalankan tugas dengan baik dan sempurna, "Selamat dan terima kasih banyak atas kerja keras dan kebersamaan tim menyukseskan seleksi Mahasantri perdana di Ma'had kami dan selamat bergabung di Ma'had Aly untuk menjadi Intelektual yang berbasis kepada ketinggian moral dan pengamalan agama demi kemajuan Ma'had khususnya dan dunia Islam pada umumnya," ujar Abi MUDI yang juga putra tertua Al-Mukarram Abu MUDI dengan penuh semangat dan optimis di tengah kesibukan sehari-hari dalam menjalan roda pendidikan di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.