mudimesra.com | Memasuki tahun ajaran 1438 H, Bagian Pengajian Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga adakan rangkaian Peuphon Kitab bagi santri-santri yang akan mulai mengkaji kitab baru. Rangkaian acara peuphon kitab ini dimulai dengan Kanzul Raghibin Syarah Matan Minhaj oleh Jalaluddin Al-Mahally yang merupakan kitab kajian untuk pelajaran Fiqh bagi santri kelas 4, 5, dan 6 di Dayah MUDI. Ibdak kitab Al-Mahally dipimpin langsung oleh Syaikhuna Abu Mudi pada Selasa malam (11/10/2016).

Selain Al-Mahally, juga diadakan ibda' untuk beberapa kitab Fiqh lainnya, yakni kitab Al-Bajuri dan I'annatut Thalibin yang merupakan kitab Fiqh untuk kelas 1 dan kelas 2. Wadir I Dayah MUDI, Abi Zahrul Fuadi Mubarrak, mengasuh peuphon kitab Al-Bajuri bersama dengan santriwan di Meunasah Desa Mideun Jok. Sementara untuk putri diasuh oleh Wadir III, Abiya Muhammad Baidhawi, di Mushalla komplek putri.

Untuk kitab I'annatut Thalibin diasuh oleh Waled Tarmizi Cot Meurak untuk putra sementara untuk putri dipimpin oleh Aba Nisam yang mengambil tempat di dalam masjid dan mushalla.