mudimesra.com | Santri MUDI Mesra yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa dan Santri (HAMAS) di Medan membuka Klinik Al-Fatihah di Mesjid Raya Al-Mashun dan Mesjid Al-Jihad. Nama klinik ini sengaja dipilih untuk menarik minat masyarakat dalam menyempurnakan bacaan Al-Fatihah-nya sebagai salah satu rukun sahnya shalat. Dari segi cara melayani jamaah, kegiatan ini memang mirip dengan apa yang berlaku di klinik kesehatan.

Beberapa banner menarik dipasang pada tenda yang terdapat di halaman Mesjid Raya. Banner itu bertuliskan tulisan, "Klinik Al-Fatihah. Anda dapat memeriksa, memperoleh terapi, dan perbaikan bacaan Al-Fatihah agar sah shalat Anda." Ajakan ini yang dikemas dalam bentuk unik mengundang rasa penasaran para pengunjung Mesjid Raya sehingga mereka begitu antusias mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan HAMAS di Medan ini tidak lepas dari bimbingan Tgk Fahmi Karimuddin MA, alumni Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga yang kini menjadi Mudir Fahmussalam Al-Aziziyah Medan. Dibantu oleh beberapa tenaga pengajar Ma'had Fahmussalam dan anggota Majelis Ta'lim HUNA, anggota HAMAS melayani satu persatu pengunjung yang berminat memperbaiki bacaan Fatihah mereka. Kegiatan ini murni kegiatan amal dan ibadah sehingga tidak dipungut biaya. (ade_juanda/iqbal_jalil)