mudimesra.com | Dalam acara penutupan Musabaqah Muharram 1439H di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga pada malam ini (30/9/207), akan ditampilkan peserta pemenang sayembara hafal 1000 bait Alfiiah sebanyak 6 orang dan peserta hafal bait Faraidhul Bahiyyah sebanyak 1 orang. Mereka merupakan santri yang telah diseleksi secara terpisah dan dinyatakan lulus menghafal bait dengan lancar dari beberapa pendaftar yang kemudian dinyatakan gugur.

Menariknya, dari 7 pemenang sayembara hafalan Alfiah dan Faraidhul Bahiyyah, ada 2 santri yang masih duduk di kelas 2 dan kelas 3. Abdul Aziz Al-Fayd, Santri kelas 3e asal Gampong Baro Sigli ini berhasil menghafal 1000 bait Alfiah dalam waktu 4 bulan. Saat ditanya apa motivasinya sehingga menghafal bait yang belum dipelajari, santri yang baru berusia 16 tahun ini menjawab bahwa ia terinspirasi dengan nasehat guru-gurunya. "Sering saya dengar dari guru-guru bahwa bait Alfiah ini meski lafaznya singkat tapi telah mencakup keseluruhan permasalahan dalam ilmu nahwu. Maka karena itu saya ingin menghafalnya." Kata santri yang ayahnya telah meninggal dunia saat ia duduk di kelas 4 MIN Kota Sigli.

Sementara santri lainnya Aidul Fitriani telah menghafal 700 bait sebelum masuk ke MUDI dengan tujuan agar saat belajar di MUDI menjadi lebih mudah. Saat tiba di MUDI ia hanya perlu menambah 300 bait lagi. Sama seperti Abdul Aziz, Aidil yang merupakan santri kelas 2-L ini juga masih berusia 16 tahun. Menurut pengakuannya, ia mengkhatamkan 1000 bait Alfiah ini dalam waktu 5 bulan.

Berikut data lengkap santri yang memenangkan sayembara bait Alfiyah:

1. Abdul Aziz Al-Fayd, Kelas 3e, Asal Gampong Baro Sigli, lahir pada 5-4-2001 dari pasangan Muhammad Nur dan Asrina

2. Aidil Fitriadi, Kelas 2L, asal Kuta Blang, Bireuen, Kelahiran 1/1/2001 dari pasangan Mulyadi - Ummiyati

3.Khairuddin, kelas Ma'had Aly Semester 1, asal Dayah Baro Ulim, Pidie Jaya. Kelahiran 7/5/1995 dari pasangan Abdullah Adam dan Saudiah.

4. Syech Zubaili, Kelas Ma'had Aly Semester 3, asal Geudong, Aceh Utara, kelahiran 16-10-1996 dari pasangan Zainuddin dan Nur Hanisah

5. Lekat Efendi, Kelas 6D, asal dari Provinsi Lampung, Kelahiran 25-05-1992 dari pasangan Damiri dan Zauhani

6. Muammar, Kelas Ma'had Aly Semester 3, asal Nibong Aceh Utara, kelahiran 13-12-1998 dari pasangan Tgk. H. Rasyidin (Waled Cut) dan Husniati.

Sedangkan santri yang memenangkan sayembara hafal bait Faraidhul Bahiyyah adalah, Khairul Walid, asal Matang kuli Aceh Utara. Santri kelahiran 5-10-1994 dari pasangan M Yahya dan Maryati ini kini menduduki kelas Ma'had Aly Semester 3. Salah satu motivasinya menghafal bait tentang qawaed fiqh ini adalah karena dapat menjadi pendukung takhassus Ma'had Aly MUDI, Fiqh wa Ushuluh. (MIJ)