mudimesra.com | Berbeda dengan hari-hari biasanya, pada Jumat pagi (16/03/2018) suasana ba'da Subuh di Dayah MUDI terlihat lebih hidup di mana para santri dan dewan guru terlihat antusias menuju Mesjid Po Teumeureuhom karena setelah shalat Subuh dan qiraah Surat Al-Kahfi  mereka akan mengikuti pengajian perdana Kitab Tazkirus Sami' yang diasuh oleh Wadir I Dayah MUDI, Abi Zahrul Fuadi Mubarrak.

Dalam pengajian yang berlangsung selama dua jam Abi menjelaskan bahwa ulama terdahulu sangat memperhatikan masalah adab sehingga muncul dari jari jari mereka literasi (turats) yang membahas masalah adab adab bagi para Alim dan Mutaalim.

Pada kesempatan pagi ini, fokus pengajian Abi adalah adab bagi para Alim, seorang pengajar sebaiknya memperhatkan adab dalam mengajar misalnya selalu dalam keadaan suci, berpakaian rapi dan memakai parfum dan semua itu dibingkai dengan niat karena Allah, dan untuk memuliakan ilmu.  Abi juga menceritakan kisah Imam Malik RA yang selalu memperhatikan pakaiannnya saat akan memberikan hadist kepada murid-murid beliau. Imam Malik juga pernah berkata bahwa salah satu bentuk mensyukuri nikmat Allah adalah mendzahirkan nikmat-nikmat tersebut. 

Mudir Ma'had Aly ini juga mengingatkan kepada para Thalib agar tidak salah mentafsirkan Zuhud, sifat Zuhud merupakan sikap hati, bukan sifat dzahir yang yang nampak dengan panca indra, adapun orang orang yang berpakaian bagus dan berkendaraan mewah tidaklah menafikan sifat zuhud di dalam hati mereka, bisa saja semua yang mereka miliki tidak membuat mereka melupakan Zat yang telah mengkaruniakan nikmat-nikmat tersebut bahkan dengan fasilitas itu membuat mereka lebih mudah dalam membantu agama Allah.

Abi Zahrul juga memberikan gambaran kepada para hadirin untuk istiqamah dalam mengajar sebab hanya dengan seumeubeut risalah Islam kekal, hukum Allah dapat ditegakkan dan kebenaran akan selalu tampil di setiap masa. Abi juga berpesan kepada seluruh santri dan dewan guru untuk melibatkan Allah dalam setiap usaha, dalam artian selalu membasahi bibir dalam doa dan zikrullah  apalagi sebelum menyampaikan ilmu agama, dan ini adalah thariqah yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW dalam sabdanya. Ya Allah Aku berlindung kepada engkau dari  pada berbuat sesat dan disesatkan, berbuat dzalim dan dizhalimkan, berbuat kejahilan atau dijahilkan orang lain.

Tazkirus Sami' wa mutakalim fi adabil alim wa mutaalim adalah kitab yang membahas tentang adab alim (guru) dan mutaalim (santri) dalam menyebarkan dan mendapatkan ilmu agar yang diperoleh mendapat keberkahan. Kitab ini ditulis oleh oleh Imam Badruddin Muhammad bin Ibrahim Ibnu Jamaah Asy-syafii. (rizky_ramadhan)