Samalanga ||  Pada hari Rabu 07 Maret 2018 bidang kurikulum bagian pendidikan melakukan ibtida' Ilmu Falak bagi seluruh santri kelas 3 dan peresmian dibentuknya tim Falakiyyah MUDI Mesra. mereka berjumlah tujuh orang, yaitu :

  1. Muhammad Tanzil M Yacob Ismail
  2. Muhammad fadhil M. Nur Hamid
  3. Munawar Ilyas
  4. Safwani Azwani
  5. Nurdin rusli
  6. Mawadda Azhari H. Qaharuddin
  7. Bismi purnama. 
Ibda’ kajian Ilmu Falak di mulai pukul 14.00 dan berlangsung di lantai dua masjid Po temereuhom. Ilmu Falak adalah ilmu yang mengajarkan santri tentang peredaran benda-benda langit, khususnya bumi, bulan dan matahari. Peredaran benda-benda langit tersebut digunakan untuk menentukan waktu shalat, arah kiblat, gerhana bulan dan matahari serta penentuan awal bulan bulan hijriyah terutama dalam menentukan jatuhnya awal bulan Ramadhan, dan beberapa hal lainnya. 

Pemberlakuan kurikulum Ilmu Falak di dayah MUDI di mulai sejak tahun 2016, inisiatif ini adalah untuk menjawab kebutuhan zaman kepada Ilmu Falak dan berdasarkan semangat Tafaqquhfiddin bagi seluruh santri MUDI Mesra. 

Pengasuh Ilmu Falak adalah Tgk. Muhammad Nasir (Aba Meureudu), beliau juga merupakan penyusun Kitab Ilmu Falak yang dipelajari santri. Adapun yang akan bertanggung jawab dalam proses jalannya pengajian Ilmu Falak adalah Bidang Kurikulum Bagian Pendidikan MUDI Mesra Samalanga. Untuk selanjutnya pelajaran Ilmu Falak kelas 3 akan diasuh oleh tim Falakiyah MUDI, sedangkan Aba Meureudu akan mengajar Ilmu Falak kepada santri kelas 4 pada tiap hari Rabu dan Sabtu. 

Kabid Kurikulum bagian pendidikan dayah MUDI, Tgk. Yusrida M.Yusuf mengatakan “ Bidang kurikulum terus berbenah dengan melakukan evaluasi setiap saat kepada para santri  agar kelak akan lahir santri yang berkompeten di bidang Ilmu Falak”. (MRZ)