mudimesra.com | Wadir I LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga, Abi Zahrul Fuadi Mubarrak bersama rombongan hari ini (26/7/2018) tiba di Lombok, NTB untuk menghadiri Konferensi Internasional yang dilaksanakan di Islamic Center Hubbul Wathan NTB, Kamis-Minggu, (26-29 Juli 2018). Kegiatan yang mengusung tema “Moderasi Islam dalam Perspektif Ahlussunnah Waljamaah” ini akan diikuti 500 peserta dari 21 negara.

Peserta Konferensi lainnya yang berasal dari Aceh adalah Aba. H. Helmi Imran, Guru Senior Dayah MUDI dan Warek III IAI Al-Aziziyah, Tgk. H. Muhammad Yusuf A Wahab, Ketua I HUDA dan Pimpinan Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunieub, Waled Ibrahim A. Ghani dari Dayah Asasul Islamiyyah Peureulak, Abi Jakfar Lueng Angen, Waled Razali, Ketua Sirrul Mubtadin dan 4 orang perwakilan Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh. 

TGH Fauzan Zakaria selaku ketua panitia mengatakan kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Pemerintah Provinsi NTB, Forum Komunikasi Alumni Timur Tengah NTB dan Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia.

Ia menambahkan, Kegiatan konferensi ini akan dihadiri oleh narasumber dan peserta dari dalam dan luar negeri yang berjumlah 500 orang, dari 21 negara yaitu Indonesia, Mesir, Libya, Suriah, Irak, Lebanon, Yaman, Sudan, Maroko, Tunisia, Aljazair, Nigeria, India, Pakistan, Rusia, Ukraina, Malaysia, Thailand, Singapore, Brunei Darussalam, Timor Leste.

“Sebagai tamu kehormatan Prof.Dr. Syeikh Syauqi Ibrahim Alam, Grand Mufti Mesir dan Prof.Dr. Al-Mahrashawi Rektor Universitas Al-Azhar Mesir,” katanya dalam acara Jumpa Pers di Ruang Media Center Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Selasa (24/7).

Acara pembukaan akan diawali dengan sambutan Gubernur NTB, TGB Muhammad Zainul Majdi, dan dilanjutkan pembukaan secara resmi konferensi ini oleh Presiden RI, Bapak Ir. H. Joko Widodo. Narasumber yang mengisi kegiatan ini antara lain, Prof. Dr. Syauqi Ibrahim Allam (Grand Mufti Mesir), Prof . DR. Moh. Hosein al-Mahrashawi (Rektor Univ. Al-Azhar Mesir), Prof. Dr. Abdul Daim Nushair (Sekjen WOAG, Mesir), Prof. Dr. Ibrahim Hud Hud (Mantan Rektor Univ Al-Azhar, Mesir) dan juga beberapa narasumber dari Indonesia baik dari perwakilan Ormas maupun akademisi.

Abi MUDI saat dimintai tanggapannya oleh redaksi mudimesra.com menyampaikan, "Harapan kita, dengan adanya konferensi ini dapat menguatkan pemahaman Islam yang moderat dalam bingkai Ahlussunnah Waljamaah. Dengan mampu meneguhkan sikap wasathiyyah dalam beragama dengan sendirinya dapat mereduksi berkembangnya pemahaman-pemahaman radikal yang mengatasnamakan agama."