mudimesra.com | Dari puluhan peserta Perlombaan Karya Tulis Ilmiah Mahasantri (PKTIM) Ma'had Aly se-Indonesia, 2 orang Mahasantri Ma'had Aly MUDI terpilih sebagai 13 peserta yang proposal penelitiannya diterima hingga berlanjut ke babak penelitian dan presentasi hasil. Mahasantri tersebut adalah Muksalmina dan Muhammad Abrar. Keduanya diundang untuk mempresentasikan hasil penelitian PKTIM yang diselenggarakan di Hotel Grand Savero, Bogor, Jawa Barat kamis kemarin (01/11/2018) setelah melakukan penelitian dalam beberapa bulan terakhir.

Tgk Muksalmina melakukan penelitian lapangan dengan judul ‘’Peran Dayah Salafiyah di Aceh dalam Mendidik Karakter Bangsa," sedangkan Tgk Muhammad Abrar menulis karyanya dalam bentuk kajian perpustakaan dengan judul "Urgensi Taklid Dalam Fikih." Berdasarkan pengumuman hasil yang langsung diumumkan malam harinya, Muksalmina mendapat Juara harapan 2.

Data lengkap pengumuman juara PKTIM 2018 ini adalah sebagai berikut;
1. Juara I diraih oleh peserta dari Ma'had Aly Tebuireng Jombang
2. Juara II diraih oleh peserta dari Ma'had Aly Situbondo.
3. Juara III Ma'had Aly Sengkang.
4. Juara harapan I Ma'had Aly Tasikmalaya.
5. Juara harapan II Ma'had Aly MUDI Mesra Aceh.
6. Juara harapan III diraih oleh Ma'had Aly Jakarta Pusat.

Mudir Ma'had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga, Abi. H. Zahrul Fuadi Mubarrak memberikan apresiasi kepada Mahasantri yang telah berhasil melewati tahapan-tahapan perlombaan penulisan karya ilmiah ini sampai pengumuman hasil. Abi MUDI mengharapkan agar para Mahasantri terus meningkatkan semangat menulis agar menjadi Ulama-ulama yang produktif di masa yang akan datang. "Meski belum meraih hasil maksimal, namun setidaknya kita telah ikut berpartisipasi di even nasional dan prestasi ini sudah merupakan suatu kemajuan yang perlu lebih ditingkatkan lagi untuk ke depannya," kata Abi kepada redaksi mudimesra.com. (MIJ)