recent

Peneliti Irlandia Kunjungi Dayah MUDI

Bersama admin dan anggota Humas.
SAMALANGA - Stephen Roche yang menambahkan nama Ibrahim setelah masuk Islam berada di Aceh untuk melakukan penelitian tentang sistem pendidikan tradisional di Aceh yang dikenal sebagai dayah. Jum'at sore (22/08/2014), Ibrahim berada di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga dalam kunjunganya bersama dengan seorang wali santri dari Banda Aceh.

Ibrahim adalah dosen dan juga peneliti di Trinity College Dublin yang saat ini sedang melakukan penelitian untuk Departement of Near and Middle Eastern Studies di kampus tersebut. Gelar sarjana S1 nya didapat di kampus itu juga di bidang Teologi dan Filsafat. Disertasi nya juga berkenaan dengan Aceh yang berjudul 'Dayah, Sistem Pendidikan Islam Tradisional di Aceh 1300-2000'. Sementara Tesis yang sedang digarap nya saat ini berjudul 'Dayah, Sistem Islam Tradisional Aceh'.

"Saya masuk Islam 10 tahun yang lalu di Malaysia waktu saya bekerja pada proyek kehutanan botani di pedalaman Malaysia dimana waktu itu saya tinggal di pondok-pondok setempat,' ungkat Ibrahim dalam percakapan dengan admin mudimesra.com.

Bapak empat orang anak ini berasal dari Irlandia dimana saat ini jumlah umat Islam telah mencapai 80.000 orang dengan populasi total 5 juta jiwa. Menurut Ibrahim, Islam pertama kali masuk ke Irlandia sekitar 30 tahun yang lalu. Hari ini, Islam merupakan agama dengan tingkat pertumbuhan tercepat di sana.

Dalam empat tahun terakhir, Ibrahim telah menghabiskan waktu selama tiga bulan di Aceh dan berencana untuk kembali lagi tahun depan selama 2 bulan.
Peneliti Irlandia Kunjungi Dayah MUDI Reviewed by Mudi Mesra on Saturday, August 23, 2014 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Dayah MUDI Mesra © 2017

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.