mudimesra.com-Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga kembali menyelenggarakan seleksi penerimaan santri baru tahun ajaran 1442 H. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, penerimaan santri baru tahun ini dilaksanakan secara online melalui whatsapp karena masih dalam masa pandemi virus corona yang melanda negara Indonesia. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pendaftaran dibuka mulai tanggal 12 sampai 20 Syawal 1441 H atau bertepatan dengan tanggal 4 sampai 12 Juni 2020 M. 

Seleksi dimulai pada tanggal 15 Syawal 1441 H dengan tiga tahap ujian: Al-Quran dan tajwid, baca kitab, dan hafalan. Seleksi dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki ruang tes serta membatasi jumlah santri dalam sehari yang mengikuti tes. Dalam sehari jumlah santri yang mengikuti tes sebanyak 50 orang sesuai dengan nomor pendaftaran yang telah ditentukan oleh bagian sekretariat. Hingga saat ini jumlah santri yang telah mengikuti seleksi 140 orang dan yang telah mendaftar 400 orang.

Sedangkan untuk materi tes masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu Al-Qur’an dan tajwid, kitab matan ghayah wa taqrib, al-jarumiyyah, matan bina wal asas, tahrirul aqwal (awamel) dan zammon. Pengumuman lulus seleksi akan diinformasikan selanjutnya. Setelah dinyatakan lulus, santri melakukan pendaftaran ulang dan mulai memasuki asrama. (ibnu_muda)