Santri Dayah MUDI Terbitkan Buku "300 Pena Santri"

mudimesra.com | Santri Dayah MUDI Mesra, Tgk Fazillah asal Panton Labu menulis sebuah buku yang berjudul “300 Pena Santri”. Motivasi yang telah lama memupuk dalam hati beliau akhirnya terwujud dengan berkat doa para guru dan sahabat sahabatnya 300 Pena Santri adalah buku yang memaparkan 100 dalil  seputar akidah , 100 Qaidah Fiqh dan 100 kalam hikmah yang beliau kutib dari kitab-kitab turast.

Menurut hasil wawancara mudimesra.com dengan beliau, yang menjadi motivasi beliau dalam menulis buku ini berawal saat berkunjung ke salah satu perpustakaan. Saat itu beliau melihat karangan ulama yang dari tanah Aceh seperti Syaikh Abdurrauf dengan Miratuth thullabnya, Syaikh Nuruddin Arraniry dengan Bustanussalathin dan Shiratul Mustaqim, dan Syaikh Muhammad Daud dengan Masailal Muhtadi. 

Beliau mengatakan, “sebuah usaha kecil dari kami dalam mengikuti jejak ulama terdahulu adalah dengan menyusun sebuah buah karya sederhana demi perluasan ilmu dan kemajuan dunia pendidikan. Sebagai seorang pelajar sudah sepantasnya kita mencontoh ulama-ulama dengan cara berusaha menghadirkan buku sederhana berdasarkan apa yang kami katahui dan berharap buku bisa bermanfaat bagi kami dan orang banyak”

Tgk Fazillah adalah segelintir santri Aceh yang sadar betapa pentingnnya trasnformasi ilmu pesantren dalam bentuk yang mudah di nikmati oleh masyarakat luas, sekaligus membumikan pemahan pesantren diranah Intelektual Aceh khususnya. (Rizky AR)