mudimesra.com-Bapak Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Dr. H. Waryono, M.Ag telah meresmikan pendidikan setara pascasarjana strata dua (S2) atau Marhalah Tsaniyah (M2) di Ma'had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga yang ditandai dengan penyerahan SK Kementerian Agama RI pada Kamis, 8 April 2021/25 Sya'ban 1442 di Balee Beton Komplek Dayah MUDI Putra. SK diterima langsung oleh pengasuh pondok pesantren MUDI Abu H. Hasanoel Bashry HG dan disaksikan langsung oleh Direktur Marhalah Tsaniyah (M2), Mudir Ma'had Aly, Kadisdik Dayah Aceh Bapak Zahrol Fajri, M.Ag dan beberapa tamu lainnya yang ikut berhadir. 


Marhalah Tsaniyah (M2) Ma'had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga merupakan M2 pertama di Indonesia yang ada di luar pulau jawa. Jenjang pendidikan M2 ini diakui sama dengan pendidikan umum lainnya yaitu pendidikan pascasarjana strata dua. Sebelumnya juga telah lahir Marhalah Tsaniyah (M2) Ma’had Aly Situbondo, sedangkan Marhalah Tsanaiyah (M2) Ma'had Aly Lirboyo SK-nya bersamaan keluar dengan Marhalayah Tsaniyah (M2) Ma’had Aly MUDI.


Bapak Direktur PD Pontren dan rombongan tiba di Dayah MUDI pukul 13.00 WIB dan langsung dijamu makan siang bersama Abu, para wadir, dan guru-guru senior lainnya. Setelah makan siang, serangkaian acara peresmian sekaligus penyerahan SK M2 berlangsung dengan khidmat di Balee Beton. Setelah meresmikan M2, Bapak Waryono mengisi kuliah umum (muhadharah 'ammah) bersama mahasantri Ma'had Aly MUDI di Aula Gedung Kampus IAI Al-Aziziyah. Kemudian rombongan langsung kembali ke Banda Aceh untuk mengisi beberapa acara lainnya di sana. 


Abi selaku Mudir Ma'had Aly menyempaikan kepada mudimesra.com, "dengan lahirnya program pascasarjana (Marhalah Tsaniyah) di Ma’had Aly MUDI dan perdana di Indonesia di luar Pulau Jawa akan menjadi sebuah kebanggan tersediri bagi Dayah MUDI dan dayah-dayah lainnya di Aceh serta Kabupaten Bireuen yang telah dideklarasikan sebagai kota santri". (IM)