Rabu pagi hari menjelang subuh, Abati Athaillah dilarikan ke Rumah Sakit BMC Bireuen karena mengalami rasa sakit di dada yang belakangan diketahui sebagai gejala unstable angina pectoris yang merupakan nyeri di bagian dada akibat adanya sumbatan di pembuluh darah jantung. Tidak lama di Rumah Sakit tersebut, Abati pun dipindahkan ke RSUD dr. Fauziah untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Abu MUDI dan beberapa ulama lainnya membesuk Abati Athaillah.
Abu MUDI dan beberapa ulama lainnya membesuk Abati Athaillah.
Karena fasilitas yang tidak memadai pagi hari Jum'at Abati pun kembali dipindahkan ke Banda Aceh untuk ditangani oleh dokter spesialis jantung.
Abati Athaillah adalah anak kedua dari almarhum Abon Abdul Aziz yang merupakan pimpinan Dayah MUDI dari tahun 1964 hingga akhir hayat nya 24 tahun silam.

Menurut pengakuan Abati sendiri memang sudah terasa gejala tidak enak di dada dalam beberapa bulan terakhir yang berujung dengan serangan mendadak di pagi dini hari Rabu kemarin.

"Saat ini Abati dirawat di kamar nomor 1 Geulima 2 sebelah kiri." ujar Tgk. Muhib Blang Jruen yang turut dalam rombongan dari Bireuen pagi dini hari kemarin.