Sebanyak empat puluh lima santri Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga yang berasal dari kawasan Dewantara dan sekitarnya mengisi waktu liburan selama Ramadhan dengan mengabdi di tengah masyarakat.

Sejak memasuki hari kedua Ramadhan para santri ini telah aktif melakukan berbagai kegiatan keagamaan dengan metode magang di tengah masyarakat. Mereka dijadwalkan untuk tetap aktif sampai hari ke lima belas Ramadhan. Sebanyak empat puluh lima orang santri ini terbagi dalam tiga titik posko, tiap-tiap titik beranggota lima belas santri. Adapun posko penginapan diantaranya di Mesjid Alue Dua Kecamatan Nisam Antara, Dayah Gle Madat Paloh Lada Kecamatan Dewantara, dan di Kecamatan Krueng Mane.

Kegiatan yang dilakukan santri Kabilah Nahdhatul Abrar Dewantara dan Sekitarnya (IPDS) ini antara lain safari Ramadhan, membuka TPQ, Pengajian Umum, dan mengaktifkan shalat berjama’ah di setiap waktu.

Disamping bersilaturrahmi dan mengabdi, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih para santri lewat bermasyarakat untuk menjadi kader-kader yang baik di tengah masyarakat nantinya, demikian Tgk. Saimi selaku ketua umum Kabilah IPDS. (maj)