Stand Dayah MUDI dalam persiapan.
BANDA ACEH - Pemerintah, melalui Dinas Pendidikan Aceh menyatakan siap untuk menggelar aneka lomba untuk memeriahkan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke-55, yang diperingati setiap 2 September. Acara expo pendidikan Hardikda kali ini mengambil tema “Perspektif  baru strategi peningkatan mutu layanan pendidikan yang berdaya saing”

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Anas M. Adam, M.Pd, dalam konferensi pers terkait rangkaian kegiatan Hardikda, kepada sejumlah wartawan media cetak, online dan elektronik, Kamis (7/8/2014), di ruang rapat Kepala Dinas Pendidikan setempat.

“Upacara Hardikda masih tetap dilaksanakan di lapangan Tugu Darussalam pada 2 September 2014. Karena Darussalam sebagai gerbang pendidikan. Karena itu, kita harapkan melalui momentum kali ini dapat membangkitkan semangat pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Aceh ini.

Dayah MUDI Mesjid Raya salah satu lembaga pendidikan dayah yang akan memperkenalkan dunia pesantren kepada para pengunjung stand pameran yang berlangsung selama tiga hari tersebut.

Kepada mudimesra.com, Tgk. Azhari M. Adam melaporkan kesiapan panitia stand MUDI yang akan berangkat ke Banda Aceh pada hari Senin (1/8/2014). Diantara item yang akan dipamerkan nantinya adalah sejumlah kitab dan manuskrip peninggalan Allah Yarham Abon Abdul Aziz, kitab kurikulum Dayah, kalender desain santri, buku-buku hasil tulisan santri dan guru, makalah penelitian tim LBM MUDI, kaset seni Dalael Khairat, Kaset pengajian TASTAFI, majalah Umdah beragam edisi, kaligrafi kreasi santri, dan sejumlah foto-foto aktifitas santri sehari-hari.

Selain itu, panitia akan menampilkan beberapa kebolehan santri dibidang informatika dan teknologi seperti desain, audio recording dan video shooting, serta media dakwah MUDI Mesra Radio Streaming. Media informasi dan dakwah ini yang sangat diminati masyarakat dalam menyimak beragam program yang selama ini disiarkan, seperti pengajian TASTAFI secara online di beberapa tempat, momen akbar yang dilaksanakan di Dayah MUDI, dan penyiaran hasil kajian Lajnah Bahtsul Masail LPI MUDI. Radio ini dapat didengarkan melalui PC, Android, dan BlackBerry.

"Panitia juga berharap kepada segenap masyarakat Aceh atau siapapun yang berkunjung ke Expo jangan lupa singgah di stand MUDI Mesjid Raya Samalanga," demikian ungkap panitia, Tgk. Azhari M. Adam kepada wartawan LPDM mudimesra.com. (maj)