SAMALANGA - Bagian Pengajian kembali mengadakan tes bagi calon dewan guru pada Kamis malam (27/08/2015) yang merupakan tes kedua bulan ini setelah sebelumnya diadakan tes serupa pada tanggal 4 Agustus 2015. Tes bagi calon tenaga pengajar baru ini diadakan menyusul dibukanya beberapa kelas baru untuk menampung santri baru yang masuk selama masa pendaftaran yang telah dimulai sejak akhir bulan yang lalu.

Tes calon guru di Balee Abi.
Sepuluh calon guru yang mengikuti tes malam ini di Balee Abi diuji langsung oleh Abi Zahrul selaku Wadir I Dayah MUDI yang menangani bidang pengajian. Dalam tes ini para calon guru tersebut diuji kemampuannya dalam memahami teks kitab Fiqh (Al-Mahally), Balaghah (Shawi Dardir), dan Tasawuf (Ta'lim Muta'llim) untuk selanjutnya ditentukan tingkatan kelas yang dapat diserahkan kepada calon guru tersebut.

Dewan guru yang mengajar di Dayah MUDI Mesjid Raya merupakan santri yang telah menyelesaikan pendidikan selama tujuh tahun serta telah mengajar selama setahun di TPA Muhadzdzabul Akhlaq dan juga mengabdi selama enam bulan di Dayah Ihya 'Ulum Al-Aziziyah Cot Geuluengku, Dayah Jami'ah Batee Iliek, atau Dayah Najmul Hidayah Cot Meurak yang ketiganya merupakan dayah cabang MUDI.