mudimesra.com | Salah satu dari pengembangan terkini  Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga di bidang Tahfizul Quran adalah kerjasama dengan Pesantren Al-Askar Bogor dalam bidang Tahfizul Quran. Para penghafiz yang telah dikirim Alhamdulillah mendapat hasil yang memuaskan. Para penghafiz yang telah mengkhatamkan Al-Quran 30 juz akan kembali ke Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga guna melatih kader penghafiz selanjutnya, karena selain memahami kitab-kitab turast mereka juga bisa menghafal Al-Quran sehingga siap mengabdi kepada masyarakat dengan sempurna.

Dengan pogram tahfiz ini, diharapkan tidak ada lagi tudingan-tudingan yang tidak wajar bahwa para santri dayah ASWAJA tidak bisa menghafal Al-Quran.

"Memahami kitab-kitab kuning adalah sumber ilmiyah bagi kita dan akan sangat mudah jika kita sudah bisa menghafal Al-Quran’’ ujar salah-satu penghafiz. Akan tetapi tidak cukup jika Al-Quran bukan dihafal teks semata  seperti kebanyakan  orang sekarang tetapi memahami tafsir-tafsir dan kitab Fiqh ulama mu’tabarah juga. Karena jika menafsirkan Al-Quran dengan kemauan nafsu bukan  menurut pijakan ulama dan ahli tafsir maka kita akan terjerumus ke dalam neraka nu’uzubillah.

Berikut nama-nama yang telah berhasil menjadi kader hafiz tahun ini:
  1.     Tgk Abdul Aziz  Khatam 30 juz
  2.     Tgk Tarmizi Khatam 30 juz
  3.     Tgk Zulrusmadi Khatam 30 juz
  4.     Tgk Zinnun al-Misri Khatam 30 juz
  5.     Tgk Afdal Khatam 30 juz
  6.     Tgk. Duski Alazizi Khatam 30 juz
  7.     Tgk. Taufiq Khatam 30Juz
  8.     Tgk. Muhammad Iqbal Khatam 15 juz
  9.     Tgk. Ahmad Asyura Khatam 8 juz
  10.     Tgk Salahuddin Khatam 6 juz
  11.     Tgk Muklis Khatam 6 juz
  12.     Tgk Sayed Usman Khatam 2 juz

Di pihak lembaga juga memberi apresiasi kepada kader-kader terbaru ini supaya ke depan anak didik kita bisa lebih efektif dalam pengabdian kepada masyarakat dan menghadapi dunia global supaya dalam mempertahankan aqidah Ahlusunnah Wal Jama’ah, Asy'ariyyah, Maturidiyyah, Sufiyyah dan bermazhab Syafi’i. 

Reporter : Tgk. Yusrizal Aswaja 
Editor      : Martunis