Ini Schedule Acara Haul Abon Abdu, Aziz Ke-30

mudimesra.com |Acara peringatan Haul Abon Abdul Aziz ke-30 akan diselenggarakan di dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, Bireuen, Aceh pada 8-9 Jumadil Akhir 1440 H atau bertepatan dengan tanggal 13-14 Februari 2019 M. Para alumni MUDI yang tersebar di seluruh Aceh dan luar Aceh telah diundang jauh-jauh hari sebelumnya untuk "saweu dayah" sekaligus mengikuti doa bersama untuk Almaghfurlah Abon Abdul Aziz bin Muhammad Shaleh, Teungku Abi Hanafiah bin Abbas dan para masyaikh MUDI lainnya.

Abon Abdul Aziz merupakan sosok yang sangat berjasa dalam pengembangan dayah dan balai pengajian di Aceh. Ada ratusan dayah dan balai pengajian yang tersebar di Aceh dan juga di luar Aceh menyertakan nama Al-Aziziyah pada ujung nama lembaganya yang merupakan nisbat kepada Abon Abdul Aziz.

Aba H. Sayed Mahyiddin TMS. selaku koordinator umum Pantia Haul Abon ke-30 menyampaikan bahwa acara haul kali ini akan diisi dengan doa bersama, kenduri, tausiyah dan motivasi santri, serta seminar nasional pengembangan ekonomi pesantren. Pada hari rabu (13/2/2019), acara akan diawali dengan ceramah untuk santri akan disampaikan oleh Abuya KH. Mahfudz Syaubari setelah zuhur dan Menteri Agaria dan Tata Ruang, Bapak Sofyan Jalil bersama DR. KH. Muhammad Hidayat, MBA pada malamnya. Kedua kegiatan ini diselenggarakan di Mesjid Po Teumeureuhoem yang berada tepat dalam komplek putra dayah MUDI.

Di tempat yang berbeda, pada rabu, malam kamis (13/2/2019) akan diselenggarakan seminar nasional Pemberdayaan Ekonomi Pesantren di Aula IAI Al-Aziziyah. Abuya. KH. Mahfudz Syaubari akan menjadi pemateri dalam seminar ini yang akan dipandu oleh Tgk. H. Muhammad Yusuf A Wahab (Ayah Sop Jeunieub) sebagai moderator. Acara ini khusus diikuti oleh peserta yang telah ditentukan. Namun panitia juga menyiarkan live streaming di akun facebook dayah MUDI serta tampilan layar lebar di depan kampus IAI Al-Aziziyah.

Acara puncak peringatan haul akan dilangsungkan pada hari kamis (14/2/2019) dengan kegiatan doa bersama untuk Almarhum Abon Abdul Aziz, Teungku Abi Hanafiah dan para masyaikh lainnya di Mesjid Po Teumeureuhoem yang akan dipimpin oleh Abu Kuta Krueng. Kegiatan ini akan dimulai pada pukul 10.00 Wib. Selain kenduri dan doa bersama, dalam haul kali ini juga akan diluncurkan buku biografi Abon Abdul Aziz yang yang telah dirangkum oleh Lajnah Bahtsul Masail (LBM) MUDI Mesjid Raya Samalanga.

Panitia Haul Abon ke 30 telah bekerja sejak tgl 7 februari 2019 untuk menyukseskan acara yang akan dihadiri 23.000 tamu. "InsyaAllah kita siap menyelenggarakan seluruh rangkaian acara Haul Abon ke 30, kita sudah bekerja sejak tgl 7 Februari 2019." Ungkap wakil ketua koordinator umum, Tgk. Sulaiman Daud.

Rabu 13 Febuari 2019:

Pukul 13. 00 - 14.00 WIB : Tausyiah ba’da dzuhur Oleh Abuya KH. Mahfudz Syaubari, bertempat di Masjid Poe Teumeureuhoem.

Pukul 20.00 – 22.30 WIB : Tausyiah dan motivasi untuk santri oleh : Bpk. Sofyan Djalil (Menteri Agraria dan Tata Ruang RI) dan DR. Muhammad Hidayat, MBA. Di Masjid Poe Teumeureuhoem.

Pukul 20.00 – 22.30 WIB: Seminar Nasional “Pemberdayaan Ekonomi Pesantren”. Oleh Abuya KH. Mahfudz Syaubari di Aula IAI Al-Aziziyah  .

Kamis 14 Febuari 2019:

Pukul 08.00 – 10. 30 WIB : Penerimaan Tamu

Pukul 09.00 – 12. 00 WIB : Kenduri.

Pukul 10.00 s/d Selesai : Doa Bersama kepada Alm. Abi Hanafiah Bin Abbas (Tgk. Abi), Abon H. Abdul Aziz Bin Shaleh (Abon Samalanga) dipimpin oleh  Abu Kuta Krueng di Masjid Poe Teumeureuhoem

Pukul 16.00 s/d selesai : Shalat Ashar Berjama'ah dan Petemuan Abu MUDI Bersama Alumni di Mesjid Raya Poeteumeureuhom