HAMAS Medan: Dari Safari Dakwah Hingga Tahfidz Al-Quran

mudimesra.com | Seperti biasanya, ketika memasuki bulan Ramadhan Tim HAMAS (Himpunan Antar Mahasiswa dan Santri) LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga mengirim tim Safari Dakwah ke berbagai daerah di Aceh dan luar Aceh. Kegiatan ini sudah berjalan selama 12 tahun, tepatnya dari tahun 2007 hingga sekarang. Di antara daerah yang menjadi obyek dakwah adalah Medan dan sekitarnya.

Pada tahun ini Tim HAMAS MUDI Mesjid Raya bekerja sama dengan Ma'had Aly dalam rangka Khidmatul Ummah. Jumlah Mahasantri yang dikirim ke kota Medan  berjumlah 14 orang, yaitu Tgk Mukhsalmina sebagai Koordinator, Tgk M. Taufiq , Tgk Ilham Abdul Hamid, Tgk M. Fahmi, Tgk M. Yanis, Tgk Huzaifi, Tgk Syech Zubaili, Tgk Mursalin ,Tgk Khairul Ikhwan,Tgk Muhibbuttibri, Tgk Fakhruddin,Tgk Ubaidillah, Tgk Thabrani dan Tgk Muktabar.

Mereka tiba di kota Medan pada sabtu pagi (05/05/2019) setelah menempuh 8 jam perjalanan dari Samalanga, Kabupaten Bireuen. Kedatangan anggota HAMAS disambut langsung oleh salah satu alumni Mudi Tgk Bustami Bate.

Anggota HAMAS yang telah disebutkan tadi akan disebar ke berbagai tempat di Medan dan sekitarnya untuk menjalankan misi dakwah. Tempat-tempatnya yaitu:
1. Pondok Pesantren Fahmussalam Al-Aziziyah yang terletak di Marendal, Deliserdang
2. Masyarakat Aceh Sepakat
3. Medan Johor, tepatnya di Balai Pengajian Al-Munawwarah Al-Aziziyah
4. Belawan

Selama disini, anggota HAMAS akan menyampaikan dakwah dan mengisi rutinitas selama bulan ramadhan serta berbagai kegiatan lainnya, seperti tahsin Al-Qur'an dan tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan ini akan berlangsung hingga menjelang akhir bulan Ramadhan.

Laporan: Tgk. Muhammad Yanis (Mahasantri Ma'had Aly MUDI)