Dayah MUDI Buka Donasi Pembebasan Lahan MUDI II

mudimesra.com-Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga membuka donasi pembebasan lahan MUDI II. Lahan yang direncanakan akan dibebaskan tersebut merupakan tanah seluas 13.000 m2 berlokasi di Desa Namploh Blang Garang, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen. Lokasi ini berjarak tiga kilometer dari mesjid Poeteumeruhom komplek Dayah MUDI induk. Wadir I Dayah MUDI, Abi Zahrul Mubarrak HB seusai mengisi kajian pagi, Senin 27 April 2020  kepada mudimesra.com menyampaikan dipilihnya lokasi ini karena keterbatasan lahan yang tersedia dan berdampingan dengan komplek dayah induk. Semua lahan sudah dipadati bangunan toko dan perumahan warga sehingga tidak memungkinkan lagi untuk mendirikan asrama santri.

Selain itu, pembebasan lahan MUDI II dilakukan atas inisiatif menyikapi bertambahnya jumlah santri dari tahun ke tahun. Sebelumnya ketentuan pendaftaran pernah diubah dengan membatasi jadwal pendaftaran dan juga syarat di mana calon santri harus bisa menguasai kitab dasar fikih, nahwu dan sharaf apabila ingin mendaftarkan diri ke Dayah MUDI. Dengan adanya pembebasan lahan MUDI II ini akan memungkinkan input santri baru dalam level kuantitas yang lebih besar dengan merevisi ketentuan pendaftaran dan kembali menerima santri dari tingkat dasar. 

Adapun dalam pelaksanaannya menurut Abi belum ditetapkan apakah MUDI II hanya dikhususkan bagi santri baru, tetapi yang pasti MUDI II walaupun secara geografis berpisah tetapi secara administratif tidak. Sehingga santri yang berdomisili di MUDI II bisa secara bebas berhubungan dengan MUDI I. Saat ditanya apakah MUDI II dialokasikan sebagai asrama Ma’had Aly, dalam kesempatan ini Abi tidak membenarkan mengingat banyaknya sarana dan pra-sarana yang akan dibutuhkan sedangkan saat ini hal tersebut masih menjadi perkara yang kompleks.

Terkait pembebasan lahan ini, Abi MUDI mengajak kepada para alumni dan simpatisan yang ingin berinfaq membebaskan tanah seluas 13.000 mdengan harga 250.000/meter. “Jadikanlah infaq ini sebagai investasi akhirat dengan memberi peluang dan kemudahan bagi anak-anak kita para generasi Islam dalam menuntut ilmu agama. Kita berharap agar Allah membalas semua kebaikan muhibbin sekalian”. Tutup Abi MUDI. (ABR)