mudimesra.com-Memasuki tahun ajaran baru 1443 H, Bagian Pengajian Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga mengadakan kegiatan Ibda’ Kitab bagi santri putra dan putri yang telah naik kelas setelah mengikuti ujian caturwulan III (tiga).


Kegiatan ibda’ kitab ini dimulai dengan Kanzul Raghibin Syarah Matan Minhaj, lalu dilanjutkan dengan Kitab Tafsir Jalalain, yang merupakan kitab kajian untuk pelajaran fiqh dan tafsir bagi santri kelas 4, 5, dan 6 di Dayah MUDI.


Ibdak kitab Al-Mahally ini, dipimpin langsung oleh Wadir I Dayah MUDI, Abi H. Zahrul Mubarrak HB, yang diadakan di mushalla komplek putri pada Selasa malam (17/8/2021) mulai pukul 20.00 WIB hingga selesai. 


Esok paginya (18/8/2021), untuk santri kelas 2 mengikuti ibda' kitab Fathul Mu'in, untuk santri putra diasuh oleh Abiya H. Muhammad Baidhawi yang bertempat di Masjid Poeteumeureuhom Komplek Putra. Sedangkan santri putri diasuh oleh Abaya Muhammad Nasir yang bertempat di mushalla komplek putri mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai 


Kegiatan ibda’ kitab adalah kegiatan rutin tahunan yang diadakan khusus bagi santri yang baru naik kelas. Dengan mengikuti kegiatan ibda' kitab ini, para santri diharapkan mendapatkan barakah dari musannif, dimana harapannya dapat memudahkan para santri untuk belajar kitab tersebut. (IM)