Dayah MUDI Mesra Samalanga Peringati Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad Saw


mudimesra.com - Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) peringati peristiwa Isra dan Mikraj nabi Muhammad Saw pada Selasa (28/2/2022). Acara yang dilangsungkan malam hari itu dipusatkan di Mesjid Po Teumeureuhom, komplek dayah MUDI Mesra Samalanga. Prosesi acara yang mengusung tajuk “Momentum Menggapai Ridha Allah Swt untuk Menjadi Hamba yang Berakhlak dan Bertawakal” itu turut diikuti oleh para dewan guru dan santri, putra maupun putri. Usai salat isya berjamaah sesi acara dibuka dengan shalawat bersama yang dipandu oleh grup Hadrah Al-Hasani. Setelah itu, diiringi tausiah yang disampaikan oleh almukarram Abi Zahrul Mubarak (Abi MUDI). 


Di awal tausiahnya, Abi menyampaikan hal-hal yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa agung yang dialami oleh Rasulullah Saw ini.  Kemudian Wadir I Dayah MUDI itu menambahkan, bahwa hal yang berkenaan dengan kisah perjalan Rasulullah Saw dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa kemudian menuju Sidratil Muntaha sangat banyak, dan jika dibahas akan sangat luas. Oleh sebab itu, setelah menjelaskan latar belakang, Abi memfokuskan isi tausiah ke arah tentang pensyariatan shalat dan hal-hal yang menyangkut dengannya. Abi juga berpesan juga berpesan, saat melakukan shalat hendaknya dengan lahir dan batin, sebagaimana perjalanan Rasulullah saat menerimanya juga dengan lahir dan batin, yaitu ruh dan jasad sekaligus.


“Karena tujuan utama yang lain dari peristiwa Isra’ Mi’raj ini adalah pensyariatan sembahyang, maka saya titik fokuskan pembahasan kepada sembahyang,” ujar Abi di tengah sesi tausiahnya.


Setelah pencerahan mengenai Isra’ Mi’raj dan pensyariatan shalat, acara dilanjutkan dengan sesi kedua, yaitu sesi tanya jawab. Terlihat beberapa santri yang ikut bertanya kepada Abi Mudir Ma,had Aly Marhalah Ula itu. Setelah itu, acara ditutup dengan pembacaan doa yang juga dipimpin oleh Almukarram Abi.


Meskipun dalam kondisi hujan, acara berlangsung dengan khidmat dan penuh penghayatan. Tgk. Nasrullah Murni selaku ketua PHBI menyampaikan bahwa antusiasme santri sangat tinggi dalam pelaksanaan acara ini, semangat mereka tidak dipengaruhi oleh suasana yang sedang hujan ringan.


“Memang cuaca semalam dalam keadaan sedikit turun hujan, tapi hal ini tidak mempengaruhi semangat para santri. Mereka masih sangat antusias dalam mengikuti  acara peringatan hari bersejarah dalam Islam ini,” pungkas dewan guru MUDI Mesra yang berasal dari Meulaboh itu kepada tim mudimesra.com.

(Tadha)