Haul Abon Aziz Ke-35 Dihadiri Ribuan Tamu Dan Alumni
Haul Abon Aziz Ke-35 Dihadiri Ribuan Tamu Dan Alumni 


mudimesra.com-Rabithah Alumni MUDI Mesjid Raya Samalanga kembali menggelar haul ke-35 Allah yarham Abon Abdul Aziz bin Muhammad Shaleh yang berpusat di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga (Senin, 02/01/23). Haul Abon k3-35 ini dihadiri oleh ribuan tamu undangan serta alumni yang tersebar dari berbagai wilayah di Aceh dan luar Aceh. Sehari sebelumnya acara sudah dimulai, namun undangan dikhususkan hanya untuk tamu keluarga saja. 


Tema yang diusung pada pergelaran haul Abon yang ke-35 adalah "Beut dan Seumeubeut Untuk Memperteguh Islam Rahmatan Lil Alamin".

 

Adapun agenda acara pada hari senin yaitu doa bersama yang dipimpin oleh almukarram Abu Kuta Krueng dan dilanjutkan dengan tausiyah dari almukarram Abu Syeikh H. Hasanul Bashry HG. Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.15 WIB. Acara do'a bersama dan tausiyah ini dipusatkan di Masjid Poeteumeureuhom komplek Dayah MUDI. 


Dalam tausiyahnya almukarram Abu mengingatkan beberapa hal, diantaranya memperkuat rabithah alumni untuk diaktifkan di semua kabupaten dan kecamatan termasuk di luar daerah jika diperlukan, alumni diharapkan untuk memfasilitasi alumni perempuan untuk mengajar dan dakwah sesuai dengan ketentuan mazhab syafi'i, terus melanjutkan estafet beut seumeubeut dan jadikan sebagai ideologi yang kita tanam dalam hati, terlibat aktif dalam ormas Islam yang berpaham ahlussunnah wal jamaah seperti Tastafi, HUDA, dan RTA serta ormas-ormas lainnya. 

 

Selanjutnya kenduri bersama untuk tamu undangan dan alumni yang dipusatkan dibeberapa lokasi, diantaranya Balee Beton, depan Masjid Poeteumeureuhom, Lantai 1 Gedung Ma'had Aly dan di dalam komplek putra dan putri. 


Siang harinya juga ada diadakan seminar akbar ekonomi syariah bersama Bank Syariah Indonesia mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai di Aula Lantai 4 Gedung Ma'had Aly. Pihak BSI hadir dan ikut memberi kontribusi memperkenalkan ekonomi yang berbasis syariah khususnya perbankan dengan harapan banyak dari kalangan santri yang terjun dalam dunia perbankan yang berbasis syariah seperti menjadi dewan pengawas bank syariah.


Sebelumnya, pada minggu malam (01/01/2023) juga ada diadakan acara eksklusif berupa seminar halaqah fikih peradaban yang bekerja sama dengan PBNU. Acara ini diinisiasi memperingati satu abad harlah Nahdhatul Ulama. Seminar dilaksanakan mulai pukul 20.00 WIB hingga 23.30 di Aula Lantai 4 Gedung Ma'had Aly. 


Semoga dengan mengenang Abon kita sebagai anak cucu beliau bisa mengenal Abon melalui sirah kehidupannya yang banyak telah diceritakan oleh murid-murid beliau dan bisa mempraktekkan pesan-pesan tersebut dalam menjalani kehidupan beragama dan bernegara. (Redaksi)