Mudimesra.com | Pimpinan dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, Abu MUDI memberi ijazah Thariqat kepada enam ratusan lebih jamaah di Mushalla Komplek Putri Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, Malam Jum’at (22/02/24).

 

Pengijazahan Thariqat oleh al-Mursyid Abu MUDI berlangsung dengan khidmat dan lancar. Jamaah yang mengikuti prosesi pengijazahan tersebut yaitu para santri baik putra maupun putri yang mendaftar, dewan guru dan juga para jamaah luar yang telah melakukan registrasi sebelumnya.

 

Adapun Thariqat yang diijazahkan seluruhnya ada 10 yaitu: Naqsyabandiyyah, Syattariyah, Khulwatiyyah, Yasin Fadhilah, Surat Yasin, Surat al-Kahfi, Surat al-Waqiah, Ayat Kursi, Hizbul Bahar, Dalail Khairat. Para jamaah dibebaskan untuk menerima ijazah apa saja yang diinginkan, baik mengambil sebagian saja atau semuanya.

 

Perlu diketahui bahwa Thariqat merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan ada tuntunan langsung dari Mursyid. Thariqat zikir ini ada yang pengamalannya dengan dhahir (lisan) dan juga dengan batin (hati). 


Tentang keutamaan berzikir dengan lisan maupun hati banyak tertera dalam hadis-hadis Rasulullah SAW. Di antaranya yaitu: Sebaik-baik rezeki yaitu yang mencukupi, sebaik-baik zikir ialah dalam hati (Hadis dari Saad bin Waqqas). Selain itu dalam hadis yang diriwayat oleh Imam Baihaqi yaitu, Zikir yang tidak diketahui Malaikat (Hafadhah) lebih baik dari yang diketahui malaikat sebanyak 70 derajat.

 

Sebelum prosesi pengijazahan dilangsungkan, Tgk Yusrizal Abdurrahman memberi arahan, tata cara mengamalkan dan nasehat-nasehat seputar ibadah yang sangat penting bagi jamaah yang akan mengamalkan Thariqat yang diijazahkan nantinya. 


Pada sesi tersebut juga diberikan kesempatan kepada para jamaah untuk bertanya segala hal yang berkaitan dengan Thariqat dan amalan-amalan. Al-Mursyid Abu MUDI menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh para jamaah yang begitu antusias.

 

Pengijazahan Thariqat sangat penting karena ketika jamaah ingin mengamalkan suatu ibadah dan zikir harus ada dan mengetahui tuntunan bagaimana cara mengamalkannya sehingga sesuai dengan arahan mursyid dan para guru-guru. Tentunya dengan pengamalan yang sempurna akan mendapatkan keutamaan dan fadhilah yang sempurna dari ibadah dan zikir yang dilakukan.

 

Pengijazahan Thariqat ini merupakan agenda tahunan yang selalu diselenggarakan di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga. Mungkin yang belum memiliki kesempatan pada saat ini bisa mengikuti pada tahun depannya Insyaallah. (Khalidin)