SAMALANGA - Mengambil tempat di aula IAI Al-Aziziyah Samalanga pada Kamis malam (25/12/2014), tim ahli dari Badan Dayah yang terdiri dari Abu MUDI, Ayah Sop Jeunieb dan beberapa ulama senior Aceh lainnya telah merumuskan kurikulum untuk tingkatan Aliyah bagi dayah yang ada di Aceh.

Rapat tim ahli ini diadakan sebagai respon terhadap PERGUB Aceh tentang Pendidikan Dayah dimana telah ditetapkan sejumlah pelajaran untuk diajarkan di jenjang Aliyah Dayah Aceh. Karena itu Badan Dayah selaku lembaga pemerintah Aceh yang bertugas membina dayah di Aceh mengadakan penyusunan kurikulum yang lebih mendetail. Untuk menjamin kurikulum yang disusun nanti tidak menyimpang dari prinsip dan ideologi dayah, maka dibentuklah tim ahli yang diketuai oleh Abu MUDI tersebut. Demikian keterangan yang kami dapatkan dari Dr. Tgk. Muntasir, salah satu anggota tim ahli tersebut.

Hingga saat ini, dayah-dayah di Aceh masih menggunakan kurikulum pelajaran yang berbeda. Hanya dayah cabang saja yang cenderung mengikuti kurikulum pelajaran yang diadopsi dari dayah induknya.