SAMALANGA - Tidak sampai sehari setelah menerima tamu dari Yaman, pada hari Senin (04/05/2015) Dayah MUDI kembali kedatangan tamu kehormatan seorang ulama kharismatik Nusantara, Tuan Guru Syaikh al-‘Alim al-Fadhil Muhammad Nuruddin Marbu al-Banjary al-Makky.

Sekitar pukul 14.30 WIB, beliau beserta rombongan dari Medan tiba di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga. Dalam kunjungan ini, ada beberapa agenda penting yang beliau sampaikan, agenda pertama yang diadakan ba'da Ashar di Balee Beton khusus dewan guru, acara ini diisi dengan taushiah, pencerahan dan tanya jawab tentang hubungan antara syari’at, thariqat dan haqiqat.



Pada pada malam harinya diadakan acara di dalam masjid berupa taushiah, pencerahan dan tanya jawab tentang keutamaan sanad, adab, dan etika dalam menuntut ilmu yang ditujukan umum kepada dewan guru dan santri. 

Profil Singkat
Syaikh Nuruddin Al-Banjari adalah seorang ulama Indonesia yang lama tinggal dan menimba ilmu di Mekkah, sehingga digelar dengan al-Makky.

Beliau dilahirkan  di desa Harus, Amuntai, Kalimantan Selatan, pada tanggal 1 September 1960. Mendapatkan pendidikan awal di Sekolah Rendah di Kampung Harus sebelum kemudian pada tahun 1974 belajar di Pondok Pesantren Normal Islam. Belum pun sempat menamatkan pengajiannya di pondok tersebut seluruh keluarga beliau telah berhijrah ke Tanah Suci Makkah. Pada tahun itu juga beliau meneruskan pengajiannya di Madrasah Shaulathiah sampai tahun 1982.

Selain itu beliau juga mengikuti pengajian umum yang diadakan di Masjidil Haram dan juga di rumah para masyaikh. Pada tahun 1983 beliau telah melanjutkan pengajiannya di Universiti al-Azhar asy-Syarif dalam bidang Syariah hingga mendapat gelar sarjana muda. Kemudian beliau meneruskan lagi pengajiannya di Ma’had ‘Ali Liddirasat al-Islamiah di Zamalik sehingga memperolehi diploma 'Am “Dirasat ‘Ulya” pada tahun 1990.
Setelah menamatkan pengajian di Universitas al-Azhar beliau menumpukan perhatiannya untuk mencurahkan ilmunya kepada ribuan pelajar yang datang dari Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, Singapura dan Thailand yang menuntut di Universiti al-Azhar sehingga beliau mendapat gelaran al-Azhar al-Tsani (Azhar kedua) satu julukan yang terhormat dan tulus dari masyarakat Universitas al-Azhar sendiri.

Tausiah dan Ijazah
Salah satu inti sari dari taushiah beliau adalah “agar ilmu itu mudah kita dapatkan, langkah-langkah yang harus kita terapkan adalah kita harus memuliakan apa yang dimuliakan oleh Allah, yaitu ilmu. Caranya adalah jangan pernah meletakkan kitab di lantai. Juga dengan memuliakan ahli ilmu, yakni guru, menjaga adab dengan guru ketika belajar, dll”.

Dalam kunjungan ini, beliau juga mengijazahkan kitab-kitab yang beliau pelajari yang sanadnya bersambung kepada guru-guru beliau, kepada para ulama Shalafus Shalih, sampai kepada Rasulullah SAW dengan ijazah ‘ammah lil khasshah.

Galeri Kunjungan Syaikh Nuruddin Al-Banjari