SAMALANGA - Mulai hari Jum'at besok (31/07/2015) Dayah MUDI Mesjid Raya secara resmi akan menerima kedatangan calon santri baru. Ini merupakan kali pertama diberikan tenggat waktu pendaftaran serta testing bagi calon santri baru yang merupakan tindak lanjut dari peraturan baru yang merupakan respon terhadap semakin membludaknya jumlah santri baik putra maupun putri yang telah melebihi kapasitas daya tampung.

Suasana testing calon santri baru
Berita terkait:
Dayah MUDI Segera Tutup Pendaftaran
Pendaftaran Santriwati Baru Ditutup

Mata pelajaran yang akan dites secara berturut-turut mulai dari Al-Qur`an dan Tajwid, Fiqh (Matan Taqrib), Nahu (‘Awamil), dan Sharaf (Matan Bina wal Asas dan Dhammon).

Walaupun secara resmi pendaftaran baru dibuka besok hingga hari ini sendiri telah ada sekitar 100 calon santriwan dan santriwati yang telah mendaftar dengan angka kelulusan mencapai 50 persen.

"Hal ini dilakukan untuk memberikan keringanan bagi orang tua santri dari daerah yang jauh yang kebetulan juga mengantarkan santri lama kembali ke dayah agar mereka tidak perlu bolak-balik untuk mendaftarkan calon santri baru," ujar Tgk. Salman Ramli, anggota Tim Penerimaan Santri Baru.