Foto: zulhusnimatresat.blogspot.co.id
SAMALANGA - Tuan Guru. Hj. Ismail bin Wan Umar atau yang sering dipanggil Baba Ismail Sepanjang dari Pattani, Thailand sore ini (27/05/2016) berkunjung ke Dayah MUDI Mesra Samalanga. Selain silaturahmi bersama Abu MUDI, Baba Ismail juga dijadwalkan akan hadir dalam majelis khusus dengan Dewan Asatiz dan Ceramah Umum di depan santri MUDI.

Dalam majelis khusus dengan dewan Guru, ulama yang telah mengarang Syarah Hikam dalam Bahasa Jawi ini akan mengajarkan Kitab Syarah Hikam. Majelis bersama Dewan Guru akan diadakan setelah shalat Magrib di Bale Beuton. Adapun ceramah umum akan dipusatkan di halaman masjid setelah pelaksanaan shalat Isya.
[post_ad]
Kunjungan Baba Ismail ke MUDI juga bertujuan untuk semakin mempererat hubungan silaturahmi antara Ulama Aceh dan Ulama Pattani. Sebelumnya, beberapa Ulama Aceh termasuk para Wadir dan beberapa guru senior Dayah MUDI Mesra Samalanga juga telah sempat berkunjung ke beberapa Pondok Pesantren di Pattani. Tradisi keilmuan di Pattani yang bersanad, bermazhab Syafi'i dan mengajarkan kitab-kitab klasik sama persis dengan apa yang berkembang di dayah-dayah yang ada di Aceh. Persamaan ideologi dan faktor sejarah membuat hubungan Ulama Aceh dan Pattani kini terjalin semakin kuat. (iqbal_jalil)