mudimesra.com | Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga pada Sabtu (14/04/2018) mengadakan acara buka puasa bersama. Acara berlangsung di dalam dan halaman masjid Poe Teumeurehom. Adapun khusus kepada santri wati acara buka puasa dilaksanakan di mushalla komplek MUDI putri.

Sudah menjadi tradisi dan kewajiban bagi santri Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga untuk melaksanakan puasa-puasa sunnah. Adapun di bulan Rajab santri diwajibkan berpuasa pada tiga hari awal, tiga hari pertengahan dan  tiga hari di akhir.

Mulai Sabtu siang panitia tampak begitu sibuk mempersiapkan segala kebutuhan acara tersebut. Menurut informasi yang dihimpun mudimesra.com panitia menyiapkan hampir 7000 menu untuk berbuka.

Acara buka puasa diawali dengan pembacaan Yasin Fadhilah. Saat Maghrib tiba para santri dipersilahkan untuk berbuka puasa dan dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjamaah. Baru kemudian para santri menyantap menu utama. Untuk memudahkan panitia dalam membagikan menu berbuka.

Panitia sebelumnya sudah mengintruksikan kepada seluruh santri  agar setelah jamaah shalat ashar untuk meninggalkan sajadahnya di dalam masjid. Dimana pada setiap sajadah akan di letakkan satu menu berbuka.

Acara terasa cukup lengkap, karena tidak hanya santri dan dewan guru saja yang hadir, Al Mukarram Abu Mudi beserta para wadir turut berpastisipasi. Dan bahkan juga terlihat beberapa alumni beserta masyarakat sekitar ikut meramaikan acara buka puasa bersama tersebut. (hasanuddin)