mudimesra.com / Tarim, Yaman - Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa pada 14 Februari 2019 yang lalu keluarga besar Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga beserta segenap alumni memperingati Haul Abon Abdul Aziz bin Muhammad Shaleh yang ke-30. Namun tidak hanya di Aceh saja, kali ini alumni MUDI yang berada di Tarim, Hadramaut, Yaman pun ikut memperingati dengan Shamadiah, Yasin Fadhilah, dan juga pembacaan Manaqib Abon bersama dengan alumni dayah-dayah lainnya di Aceh. Kegiatan yang terlaksana berkat kerja sama dengan WASILAH (Wadah Silaturrahmi Aceh Hadramaut) ini mengambil tempat di Syuqoh (apartemen) Ibnu Agil yang terletak di wilayah Wadi Aidid, Tarim, Yaman.


Alumni Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga yang belajar di beberapa tempat seperti Darul Mustafa, Madrasah Aydarus, dan Jami'ah Kuliah Ahgof memperingati Haul Abon Samalanga dengan tert
ib wirid Samadiah kepada Al-Mukarram Abon Abdul Aziz oleh Tgk Ahmad Bireun, Yasin Fadhilah beserta do'a oleh Sayyid Masykur Ali Al-Aydarus dilanjutkan dengan kata sambutan panitia oleh Tgk. Muhammad Afdhal Lhoksukon, pembacaan Manaqib Abon Samalanga oleh Tgk. Hasanul Basri Sampoiniet, diakhiri dengan petuah serta do'a oleh As-Sayyid Ahmad Mujtaba bin Syihab staf pengajar Darul Mustafa.

Acara yang diadakan ba’da Zuhur tersebut berlangsung sempurna. Tgk. Afdhal sebagai Ketua Panitia sangat bersyukur peringatan guru besar Abon Abdul Aziz Samalanga bisa terealisasi di Kota Seribu Wali bersama para cucu baginda Nabi Muhammad SAW. Beliau menyampaikan salam Dari Abi MUDI, serta pesan Abi supaya dapat mengikuti jejak Abon dalam mengibarkan panji syariah.

Manaqib Abon
Pembacaan Manaqib Abon oleh Tgk. Hasanul Basri juga berjalan dengan khidmat. Beliau membacakan sejarah perjalanan hidup Abon yang sejak dari kecil sudah belajar ilmu agama pada Ayahanda Tgk. Muhammad Shaleh di Dayah Darul Atiq Jeunieb. Kemudian Abon menimba ilmu di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga pada masa pimpinan Tgk. Abi (H. Hanafiah bin Abbas). Setelah beberapa tahun di MUDI Abon berguru pada Tgk. Idris Tanjongan di Dayah Tgk. Ben (Tgk Tanjongan), Matangkuli, kabupaten Aceh Utara.

Setelah dua tahun menimba ilmu di Matang kuli Abon kembali ke MUDI Mesjid Raya mengabdi sebagai guru penga
jar. Setelah beberapa tahun mengajar, beliau memperdalam kajian ilmu ke Dayah Darussalam Labuhan Haji pada Tgk. Syeh Muhammad Waly Al-Khalidy (Abuya Muda Waly). Abon belajar di Darussalam selama lebih kurang tujuh tahun.

Abon  kembali ke MUDI Mesjid Raya Samalanga sebagai pimpinan menggantikan posisi mertuanya yang telah wafat pada tahun 1958 M. Selama kepimpinan Abon banyak jasa beliau membekas sampai sekarang ini, mulai dari kurikulum pelajaran, bangunan asrama, ekonomi masyarakat, hingga melahirkan Ulama besar penunjuk umat ke jalan yang Allah ridai.

Selama mendidik kader ulama banyak pesan Abon untuk memotivasi pelajar. Seperti jangan berpangku mengharap rezeki dari orang lain, istilah beliau "Bek lagee leube lam are". Doktrin "Beut-Seumebeut" (belajar-mengajar) sangat beliau tekankan, dan Abon mendoakan pelajar MUDI Mesjid Raya setelah ia selesai belajar jika tidak Alim, bisa menjadi hartawan ("Meunye han malem kaya").

Silsilah sanad ilmu yang bersambung ke Rasulullah SAW dimulai dari Abon berguru ke Abuya Syaikh Muda Waly - Syaikh Ali Al-Maliki - Sayyid Al-Baqri bin Sayyed Muhammad Syatha Al-Maki - Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan - Syeik Usman bin Hasan Ad-Dimyathy - Syeikh Abdullah As-Syarqawy - Syamsuddin Muhammad bin Salim Al-Hafny - Syihabuddin Ahmad bin Muhammad bin Athiyah Al-Khulaify - Imam Nuruddin Abi Dhia Ali bin Ali As-Subramilsy - Nuruddin Ali bin Yahya Az-ziyadi - Syihabuddin Ahmad bin Muhammad bin Hajar Al-Makki - Syeikhul Islam Zakariyya bun Muhammad Al-Ansary - Imam Jalaluddin Al-Mahally - Syeikh Abdurrahim Al-Iraqi - Syeikh Alaiddin Al-Athari - Imam Nawawi - Kamal Salar- Imam Muhammad - Syeikh Abdul Ghaffar Al-Gazwaini - Imam Rafi' -Muhammad bin Yahya - Imam Al Ghazali - Imam Haramain - Muhammad Al Juwaini - Abi Bakar Gaffal Al Marwazi - Ibnu Suraij - Abi Said Al Anmathi - Imam Syafi' - Muslim bin Khalid Az-Zanji - Muhammad bin Juraij - Athak bin Abi Rabah - Ibni Abbas - Baginda Nabi Muhammad SAW - Malaikat Jibril dari ALLAH SWT.

Pada tanggal 9 Jumadal Tsani 1409 H / 17 Januari 1989 M Abon menghadap Ilahi Rabbi dalam usia 58 tahun. Sebagian dari jasa Abon yang terus menerus dinikmati sampai akhir nanti adalah hampir seluruh ulama Aceh, sebagian mudir pondok di Nusantara, dan tenaga pengajar di luar negeri lulusan dari MUDI Mesjid Raya Samalanga yang tergabung dalam Alumni Al-Aziziyah.

Sudah 30 tahun Alumni Al-Aziziyah mengadakan peringatan Haul Sanawiyah Abon Abdul Aziz Bin Muhammad Shaleh di LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga. Dan petama kali di Kota Seribu Wali, Tarim, Hadramaut. Semoga Allah SWT menakdirkan agar bisa dilaksanakan setiap tahun bersamaan tanggal peringatan di tempat asal LPI MUDI Mesjid Raya. Juga sudi kiranya menjadi acuan alumni MUDI Mesjid Raya di belahan dunia lain yang dibatasi oleh jarak dan waktu tidak bisa hadir ke MUDI untuk mengadakan Haul Sanawiyah Al-Fdhil Al-Mukarram Abon H. Abdul Aziz bin Muhammad Shaleh Al-Mantiqiy. (al-fagir)