Abi MUDI Lanjutkan Pengajian Hikam Ramadhan

mudimesra.com | Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, Kabupaten Bireuen, Aceh telah diliburkan untuk menghadapi bulan suci ramadhan. Meski secara formal telah diliburkan, sebagian santri dan dewan guru masih berada di dayah untuk mengikuti ibadah suluk dan pengajian umum bersama Abi. H. Zahrul Mubarrak, Wadir I LPI MUDI dan Mudir Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga. Pengajian ini berlangsung setelah shalat subuh di Mesjid Raya Po Teumeureuhom, tepat di area depan komplek dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

Pada Ramadhan 1440 H ini, pengajian bersama Abi MUDI masih dilanjutkan dengan kajian kitab Al-Hikam karya Ibnu Athaillah As-Sakandari dengan Syarahan Ibnu 'Ibad Ar-Randi. Putra pertama dari Abu MUDI ini telah 3 tahun menggantikan Abu MUDI untuk mengasuh pengajian umum Ramadhan. Pengajian ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan langsung melalui live streaming Facebook LPDM MUDI Mesjid Raya Samalanga.

Selain pengajian umum Ramadhan, sebagian santri lainnya juga mengikuti kegiatan suluk, menyelesaikan target hafalan tertentu dan belajar privat pada guru-guru yang menetap di dayah selama Ramadhan. Banyak santri yang menetap di dayah selama Ramadhan beralasan bahwa di dayah dapat lebih fokus belajar dan mengejar target hafalan atau mengulangi pelajaran yang tertinggal. Namun sebagian lainnya memilih untuk melakukan pengabdian masyarakat lewat Safari Ramadhan dan kegiatan dakwah lainnya.