Dayah Shafal Ulum Al-Aziziyah Sukses Selenggarakan Musabaqah Muharram Antar Dayah Se-Kecamatan Samudera

mudimesra.com-PHBI Dayah Shafal Ulum Al-Aziziyah sukses menyelenggarakan Musabaqah Muharram Antar Dayah Se-Kecamatan Samudera yang diselenggarakan mulai 10 s/d 14 September 2019 bertepatan 11 s/d 15 Muharram 1441 H. Tgk. Rizki Maulana selaku ketua PHBI menyampaikan bahwa,"cabang perlombaan yang diperlombakan 3 cabang : Qira'ah Kitab Fath Al-Qarib, Pidato, dan Cerdas Cermat." Musabaqah diikuti oleh 9 Dayah yang tersebar di seluruh Kecamatan Samudera diantaranya Dayah Shafal Ulum Al-Aziziyah (tuan rumah), Dayah Babussalam Al-Hasany, Dayah Darul Muttaqin Al-Hasany Al-Aziziyah, Dayah Sultan Malikussaleh, Dayah Baitul Huda, Dayah Madinatuddiniyyah Darussa'adah, Dayah Sirajul Akhlak, Dayah Mabdaul Ulum, dan Balai Pengajian Nurul Ikhsan.

Malam penutupan dan pengumuman juara diselenggarakan pada sabtu malam (14/9/2019) yang dihadiri oleh Kadis Pendidikan Dayah Aceh Utara Bapak Abdullah Hasbullah, S.Ag., MSM beserta rombongan. Dalam wawancara dengan mudimesra.com, Tgk. Muhammad Rudi Syahputra S.HI selaku ketua dewan hakim mengatakan,"cabang perlombaan Fathul Qarib, juara I diraih oleh M. Ikramullah dari Dayah Shafal Ulum Al-Aziziyah, juara II Rauzatul Jannah dari Dayah Darul Muttaqin Al-Hasany Al-Aziziyah, dan Juara III Imam Faluthy dari Dayah Babussalam al-Hasany. Cabang pidato juara I diraih oleh Lola Yulanda dari Dayah Babussalam Al-Hasany, juara II Suci Rahmadani dari Balai Nurul Ikhsan, dan juara III M. Fauzi Ramadhana, nilai 84, Darul Muttaqin Al-Hasany Al-Aziziyah. Cabang cerdas cermat juara I Dayah Madinatuddiniyyah Darussa'dah Gampong Pi, juara II Dayah Sultan Malikussaleh Gampong Beuringen, dan juara III Balai Pengajian Nurul Ikhsan, Gampong Tj. Asan"

Abi Asy'ari Abdul Wahab, S.Sos.I.,pimpinan Dayah Shafal Ulum Al-Aziziyah menyebutkan kegiatan ini memberikan manfaat bagi pembangunan sumber daya manusia (SDM) di bidang keagamaan, serta sebagai penyambung silaturahmi antardayah untuk lebih konsisten dalam meningkatkan standar dan mutu santri pada tiap-tiap dayah. "Semoga dengan diadakan acara-acara seperti ini bisa menambah persentase minat para generasi Islam untuk menimba ilmu di dayah".

Acara Musabaqah ditutup secara resmi oleh Bapak Kadis Pendidikan Dayah Aceh Utara, dan dilanjutkan dengan dakwah islamiyyah yang diisi oleh Tgk. Husni A.Lukman dari Kandang Lhokseumawe. (ibnu_muda)