Ribuan Santri Ikuti Peuphon Kitab Tahun Ajaran Baru 1441 H

mudimesra.com-Mengawali tahun ajaran baru, santri Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga kembali mengikuti Ibda' Kitab yang dilaksanakan oleh bagian pendidikan. Ibda' Kitab atau dalam Bahasa Aceh biasa disebut dengan Peuphon Kitab merupakan tradisi yang sudah lama mengakar di dayah atau pondok pesantren. Kegiatan ini bertujuan untuk mengambil berkah dengan musannif dan guru yang membacakannya.

Tidak terkecuali Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga juga ikut melaksankan kegiatan tersebut sebagai tanda awal dimulainya tahun ajaran baru. Peuphon Kitab di Dayah MUDI biasanya diauh oleh wadir dan guru-guru senior yang telah ditentukan jadwalnya masing-masing oleh bagian pendidikan untuk santri putra dan putri.

Sebagaimana tradisi, ibda' kitab diasuh oleh wadir dan guru senior. Adapun ibda' kitab beserta pengasuh diantaranya Al-Mahally (Kanz al-Raghibin) karya Syekh Jalal al-Mahally yang diasuh oleh Waled Tarmizi Al-Yusufi untuk putra dan putri yang berlangsung tadi malam (10/9/2019) pukul 19.45 WIB di Mushalla Komplek Putri MUDI. Fath al-Mu’in karya Syekh Zainuddin al-Malaybari dan Syarh al-Waraqat karya Syekh Jalal al-Mahally diasuh oleh Aba Sayed Mahyiddin TMS untuk putri yang berlangsung di Mushalla Komplek Putri MUDI dan Aba H. Helmi H. Imran untuk putra tadi malam (10/9/2019) di Mesjid Poeteumeureuhom. Fath al-Qarib karya Syekh Muhammad bin Qasim al-Ghazziy dan Mutammimah karya Syekh Syamsuddin Muhammad bin Muhammad Al-Ra’in, diasuh oleh Aby Zahrul Mubarrak untuk putra yang berlangsung tadi pagi (11/9/2019) di Mesjid Poeteumeureuhom dan Abiya Muhammad Baidhawi untuk putri tadi malam (10/9/2019) pukul 22.00 WIB di Mushalla Komplek Putri. (ABR)