www.mudimesra.com-Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Samalanga dalam melaksanakan sosialisasi kesehatan yang disampaikan oleh dr. Tgk Muhammad Thaifur HB pada Senin (17/02/20) dihadapan ribuan santri dan dewan guru di dalam Masjid Poetemeureuhom.

Acara yang berlangsung setelah sholat zhuhur ini bertujuan untuk mensosialisasikan pencegahan penyakit menular antara lain tentang penyakit hepatitis A yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh feses orang yang terjangkit penyakit hepatitis A melalui peraantaraan interaksi manusia dengan anggota badan yang menyentuh makanan dan minuman.

“Penyakit ini terlihat tidak berbahaya namun sebenarnya berbahaya bagi kelangsungan kehidupan terlebih lagi bagi para santri yang hidup didalam satu lingkungan” Ungkap dr.Tgk Muhammad Thaifur. Oleh karenanya sosialisasi yang dipelopori Dinas Kesehatan Bireuen dengan pelaksana UPTD puskesmas Samalanga  sangat
berguna untuk menyadarkan  kembali prilaku hidup bersih dan sehat dikalangan masyarakat khususnya  dikalangan santri dayah.

Selain itu dr.Tgk Muhammad Thaifur jugan menyampaikan sosialisasi tentang  penularan dan pencegahan penyakit HIV/AIDS yang bertujuan menyadarkan sikap antisipasi terhadap penyakit berbahaya ini.(sufri)