Mahasantri Dayah MUDI Ikuti Pelatihan Jurnalistik
www.mudimesra.com-Dinas Pendidikan Dayah Aceh menyelenggarakan pelatihan jurnalistik dan magang bagi santri dayah se-Aceh tahun 2020. Kegiatan yang mengusung tema “Semarakkan Dakwah Islam Melalui Tulisan” itu diikuti oleh 52 santriwan dan santriwati dari puluhan dayah di seluruh kabupaten/kota di Aceh. Rencananya kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 5 sampai dengan 9 Maret 2020 di Hermes Palace Hotel jalan Panglima Nyak Makam, kota Banda Aceh.

Kabid pemberdayaan santri, Bapak Drs. Muhammad Nasir dalam laporannya menyampaikan kegiatan bertujuan memperkaya diri dengan berbagai ilmu pengetahuan agar santri dapat menulis dengan baik. Ke-52 peserta terpilih melalui seleksi dalam tenggang waktu 5 hari yang lalu. Menurutnya ada 160 partisipan yang mengirimkan opini kepada pihaknya sebelum akhirnya diseleksi dan terpilih 52 peserta saja. Dayah MUDI mengirim Tgk. Muhammad Abrar sebagai delegasinya. Tgk Abar merupakan Mahasantri semester akhir Ma'had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga.

Selain itu, sekretaris Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Bapak Azhari, S. Ag, M. Si, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini diadakan atas rasa kepentingan Dinas Pendidikan Dayah Aceh dalam membina santri dayah se-Propinsi Aceh dalam hal literasi. Karena santri tidak hanya dituntut untuk bisa menguasai kitab kuning. Tetapi juga harus mampu menguasai basis keilmuan yang bersifat transformatif. Maka kegiatan yang mendorong keterampilan itu sangat penting agar para santri semakin kompetitif melawan perubahan global. (ABR)