mudimesra.com-Ma'had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga ditetapkan sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi terakreditasi A (mumtaz). Peringkat ini merupakan perolehan terbaik dari keseluruhan tiga peringkat yang diberikan, disusul peringkat di bawahnya yaitu peringkat B (jayyid) dan peringkat C (maqbul).


Penetapan ini sebagaimana tercantum pada Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 598 tahun 2020 tentang hasil penilaian dan evaluasi penyelenggaraan Ma’had Aly. Keputusan tersebut ditetapkan pada tanggal 28 Juli 2020 dan diumumkan pada hari ini (Ahad, 30 Agustus 2020).


Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dua tim Asesor dari Kementerian Agama RI, Bapak Cecep Rustana, Ph.D dan Bapak Fatkhul Manan melakukan visitasi akreditasi Ma'had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga, Kab Bireuen, Aceh selama dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu tanggal 27-28 April 2019. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan kepuasannya atas hasil yang dicapai oleh Ma'had Aly MUDI dalam program studi takhassus Fiqh Wa Ushuluh (www.mudimesra.com), sehingga penetapan akreditas mumtaz kepada Ma'had Aly MUDI dinilai sangat layak. 


Mudir Ma'had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga, Abi Zahrul Mubarrak menyampaikan rasa syukur sekaligus bangga atas keputusan tersebut.  “Alhamdulillah, berkah doa Abu dan kita semua Ma'had Aly MUDI telah mendapatkan akreditasi A (mumtaz). Tentu hal ini patut disyukuri dengan semakin meningkatkan kualitas pendidikan di Ma'had Aly. Ma'had Aly adalah ujung tombak dayah atau pesantren secara institusional sebagaimana Abu selaku Pimpinan dayah merupakan ujung tombak secara personal. Semoga ke depan, kiprah dan kontribusi dari lulusan Ma'had Aly akan semakin terlihat manfaatnya” kata Abi. (ABR)