mudimesra.com-Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga menggelar Ibda' Kitab tahun ajaran 1442 H. Peuphon kitab yang difasilitasi oleh bagian Pendidikan ini adalah tradisi keilmuan menyambut tahun ajaran baru di dayah MUDI. Selain itu juga merupakan bentuk tabarruk kepada musannif selaku pengarang kitab. Pembacaan kitab secara simbolik dilakukan oleh para wadir dan dewan guru senior dayah. Mengqasad hadiah pahala surat Al-Fatihah dan menyebutkan keutamaan-keutamaan pengarang kitab dan bidang ilmu yang akan dipelajari.


Berikut ini adalah jadwal dan pengasuh Ibda’ Kitab selasa, 01/09/2020 pukul 20.00 WIB. Tafsir Jalalain dan Al-Mahally (Kanz al-Raghibin) oleh Waled Tarmizi al Yusufi  untuk santri putra dan putri kelas IV di Mushalla Putri dan Fath al-Mu’in karya Syekh Zainuddin al-Malibary dan Syarh al-Waraqat karya Syekh Jalaluddin al-Mahally diasuh oleh Abi Zahrul Mubarrak selaku wadir 1 MUDI untuk santri putra kelas II di Masjid Poetemerehom, 


Ibda’ kitab selanjutnya dilakukan keesokan harinya, Rabu (02/09/2020) pukul 08.00 WIB. Diantaranya adalah kitab Fath al-Mu’in karya Syekh Zainuddin al-Malybari dan Syarh al-Waraqat karya Syekh Jalaluddin al-Mahally yang di asuh oleh Abaya Muhammad Nasir H. Salahudin untuk santri putri.


Serta dilanjutkan pada pukul 14.00 WIB yaitu, kitab Fath al-Qarib karya Syekh Muhammad bin Qasim al-Ghazziy dengan Hasyiyah Bajuri dan Kitab Mutammimah karya Syekh Syamsuddin Muhammad bin Muhammad Al-Ra’in yang diasuh oleh Abiya Muhammad Baidhawi H Mukhtar untuk santri putra di Masjid Poetemerehom . Adapun santri putri di asuh oleh Tgk Mursyidi A. Rahman di Mushalla Putri. Kitab ini dipelajari oleh santri kelas I dayah MUDI. (Rizky AR)