mudimesra.com | Mudir Ma'had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga menghadiri upacara peringatan Hari Santri Nasional se-Aceh pada tanggal 22 Oktober 2020 yang dilangsungkan di Kabupaten Bireuen. Dalam kegiatan tersebut Abi MUDI menerima anugerah penghargaan dari Kementerian Agama RI wilayah Aceh. Anugerah ini diserahkan melalui Bupati Bireuen, Bapak Muzakar A. Ghani. 

Penghargaan ini diberikan seiring dengan keluarnya hasil akreditasi A yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia bersama 6 Ma'had Aly lainnya dari seluruh Indonesia dari total 53 Ma'had Aly yang mengajukan akreditasi. Ma'had Aly MUDI merupakan satu-satunya Ma'had Aly se-Sumatera yang mendapatkan nilai akreditasi A.


Hasil akreditasi A ini diperoleh oleh Ma'had Aly MUDI didasari atas perkembangan kualitas keilmuan mahasantri Ma'had Aly yang kian meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan terpilihnya esay Mahasantri dalam beberapa lomba karya ilmiah tingkat nasional, prestasi mahasantri Ma'had Aly dalam Mubahasah Qiraatil Kutub dalam berbagai tingkatan, dan even perlombaan lainnya. Bahkan salah seorang mahasantri Ma'had Aly terpilih sebagai salah satu dari 10 mahasantri yang menjadi duta perdamaian dunia yang telah melakukan kunjungan resmi bersama Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia ke Tiongkok, pada november yang lalu. Selain itu tata kelola dan manajemen organisasi yang baik juga menjadi dasar pertimbangan keluarnya hasil akreditasi A tersebut. 


Abi MUDI bersyukur dan menyambut baik pemberian anugerah ini. "Semoga dengan adanya anugerah penghargaan ini membuat kita semakin termotivasi dalam membawa Ma'had Aly MUDI menjadi lebih sukses ke depannya. Kita terus berusaha melakukan terobosan-terobosan baru untuk dapat melakukan beberapa lompatan dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Ma'had Aly. Semua ini tentunya tidak lepas dari doa dan dukungan Abu MUDI selaku pimpinan dayah dan Pendiri Ma'had Aly serta semua pihak yang terlibat dalam kepengurusan Ma'had Aly." Kata Abi saat diwawancarai oleh redaksi