mudimesra.com | Ma'had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga untuk kali pertama mengadakan Sidang Munaqasyah Risalah yang merupakan tugas akhir mahasantri untuk layak mendapatkan gelar sarjana. Sidang perdana ini dilangsungkan hari ini (22/10/2020) yang bertepatan pada momen peringatan Hari Santri Nasional di Bale Beuton, Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.


Salah seorang staf Ma'had Aly MUDI, Tgk Khaliluddin menyampaikan bahwa sidang perdana ini diikuti oleh 3 mahasantri dengan judul risalah masing-masing; Kontektualisasi Turats Dalam Menjawab Problematika Aktual, Kajian Komperatif Hukum Gala Dalam Mazhab Syafi'i dan Mazhab Maliki, serta satu risalah lainnya dengan judul Metode Pemikiran Imam Al-Ghazali Terhadap Penetapan Maslahah Mursalah Sebagai Landasan Hukum.


Mahasantri yang mengikuti sidang perdana ini diuji langsung oleh Mudir Ma'had Aly MUDI, Abi. H. Zahrul Mubarrak HB, M.Pd, dan Aba. H. Helmi Imran, S.HI, M.A.. Masing-masing mahasantri mempresentasikan risalahnya dan mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya serta menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Tim Penguji dalam durasi waktu selama satu jam. Sidang Munaqasyah ini berlangsung begitu alot layaknya perlombaan baca Kitab Mahalli. 


Sejatinya Sidang Munaqasyah Risalah Perdana ini diikuti oleh 7 Mahasantri dari pagi sampai sore. Namun karena Mudir Ma'had Aly MUDI menghadiri acara penerimaan penghargaan dalam Momen Peringatan Hari Santri Nasional di Bireuen, sidang perdana ini hanya akan dilangsungkan pada sore hari yang diikuti oleh 3 orang mahasantri. (MIJ)