mudimesra.com-Bagian kemahasantrian bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasantri (BEM) Ma’had Aly kembali menyelenggarakan lomba yang diberi tema ajang mencari bakat bahtsul Masail (02/11/2020). Kali ini merupakan ajang ketiga di bawah tema yang sama. Kegiatan dilaksanakan dari pagi hingga sore hari diikuti oleh seluruh mahasantri semua angkatan yang dibagi menjadi enam kelompok. Masing-masing kelompok di asuh oleh dua pembina yang juga bertindak sebagai dewan hakim, dua moderator dan satu notulis.


Ketua panitia mubahatsah, Tgk M. Nasir Mys menyampaikan, perhelatan kali ini mengangkat 6 judul mubahatsah, yaitu pertama; status kenajisan muntah bayi, kedua; status hukum terhadap game online QQ Domino, ketiga; penyelenggaraan atau tajhiz jenazah korban Covid-19, keempat Khutbah Jum’at dalam bahasa Indonesia, kelima; status imum gampong dalam memperoleh hak amil zakat dan keenam; hukum uang penghasilan dari adsense atau penyedia lainnya”.


Tgk M. Nasir juga menyampaikan bahwa ada peningkatan pada kemampuan peserta dibanding dua perhelatan sebelumnya. “Saya mengikuti juga mengawasi jalannya mubahatsah. Alhamdulillah para peserta ada peningkatan secara mental, pemaparan argumen dan retorika berbicara. Saya pribadi sangat merasakan itu dan sekaligus menjadi keberhasilan kita bersama”. Ketika ditanya harapan dan program ke depannya, Tgk M. Nasir menjawab “ Kita berkomitmen untuk menyelengarakan ajang ini sebagai kegiatan rutin dalam setiap semester dengan masalah teraktual tentunya untuk menjawab problematika masyarakat”. 


Ketua Badan Eksekutif Mahasantri (BEM) Ma’had Aly MUDI, Tgk. Ridha Rifani mengungkapkan perhelatan kali ini menjadi tanggung jawab pertama baginya setelah beberapa waktu lalu dipercayakan sebagai ketua BEM. “Ini menjadi tanggung jawab pertama dan termasuk cukup berat bagi saya khususnya dan kami yang tergabung dalam jajaran BEM. Saya berterimakasih kepada teman-teman BEM yang jauh hari sudah bekerj keras mulai dari mengumpulkan matan, membuat deskripsi masalah hingga memfasilitasi jalannya mubahatsah, semoga kekompakan di antara kami tetap terjaga sehingga semua agenda dapat terlaksanakan dengan baik”. 


Tgk. Ridha Rifani menambahkan bahwa mubahatsah hari ini belum final hanya menyimpulkan hasil sementara. Rencananya staf dan BEM akan mengadakan rapat pleno untuk mencapai hasil akhir. Rapat pleno dihadiri seluruh peserta mubahatsah dengan menghadirkan beberapa mushahhih. “Semua hasil mubahatsah akan kita plenokan bersama mushahih. Agendanya rapat pleno kita adakan malam Kamis ini”. Tutup Tgk Ridha. (ABR)