mudimesra.com| Menteri Agama Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, S.I.P, S.H, M.H pada 12/12/2020 bersilaturahmi ke Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga. Beliau tiba pukul 15.10 WIB disambut langsung oleh Abu dan para wadir serta santri.


Seragam putih dan lantunan shalawat membuat suasana penyambutan semakin khidmat.
Meskipun dalam kondisi Pandemi Covid-19 kunjungan menteri tetap berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat . Meski tidak bisa bersalaman langsung, Abu selaku tuan rumah tetap menyambut hangat kedatangan Jendral Bintang empat ini dengan keakraban laksana seorang guru menyambut kedatangan seorang murid.


Kunjungan jendral lulusan akademi militer 1970  kali ini adalah untuk menjalin kembali keakraban antara Pemerintah dan ulama dayah terkhusus memperkuat kerukunan beragama di Provinsi Aceh.


Setelah bercengkrama dengan Abu dalam jamuan di gedung Bale Beuton, dan  sesi foto bersama dengan santri dan dewan guru, tepat pukul 16.42 Menteri Agama langsung pamit lalu kemudian melanjutkan kembali perjalanan kunjungan kerja (kunker) ke Banda Aceh dalam rangka pembinaan ASN  dan pertemuan dengan seluruh rektor PTKIN se-Aceh serta dialog agama dengan tokoh Agama dan tokoh masyarakat di Banda Aceh.


Meski hanya berkunjung dalam waktu yang singkat (satu jam setengah), namun hal ini sengat berarti bagi keluarga dayah Mudi dalam menjalin keakraban hubungan antara ulama dan umara, harapan kita semoga dengan adanya kunjungan Menteri Agana dapat memberikan pengatuh positif terhadap perkembangan pendidikan pondok pesantren di masa akan datang. (S)