mudimesra.com-Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga sukses menyelenggarakan perhelatan akbar Haul Abon Abdul Aziz ke 32 pada  9-10 Jumadil Akhir 1442 H/22-23 Januari 2021 M. Covid 19 yang melanda dunia mengharuskan konsep Haul tahun ini berbeda dengan sebelumnya, haul dipusatkan di Dayah Mudi Mesra dan diikuti secara virtual melalui Zoom oleh seluruh cabang Dayah Mudi, alumni Dayah Mudi dan masyarakat luas umumnya baik dalam maupun luar negeri.


Mengusung tema “Memperkokoh Spirit Beut Seumeubeut dan Komitmen Penanggulangan Covid-19 di Era Pandemi” Acara dimulai pada Jumat sore (22/01/2021) dengan Khatam Alquran. Pada malam harinya dilanjutkan pembacaan Manaqib Abon Abdul Aziz oleh Abu Ishak Lamkawe. Kemudian pembacaan raja Shalawat dan Yasin Fadhillah oleh Abon Buni hingga pukul 00.00 WIB di Maqbarah Abon. Serangkaian Haul dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan.


Keesokan harinya, pukul 09.00 WIB masjid Photeumerehom dipadati oleh jamaah terdiri dari alumni Kabupaten Bireuen, dewan guru, dan santri.  Turut hadir Waled Nuruzzahri dan Tgk H. Muhammad Yusuf sebagai alumni senior dayah MUDI. Acara dimulai dengan Shamadiyah, tahliliyah dan doa bersama. Kemudian dilanjutkan dengan “Alumni Menyapa” secara virtual. Dintaranya alumni yang berdomisili di Malaysia, Brunei Darussalam, Autralia, Jakarta dan Medan. Mereka mengukapkan rasa terimakasih yang mendalam kepada Dayah MUDI Mesra yang konsisten dalam mencetak kader ulama.


Usai acara puncak yaitu Tausiyah Abu Syaikh Hasanoel Bashri HG, Abu sebagai Ketua Rabithah alumni Dayah MUDI melantik Pengurus Rabithah Alumni Dayah Mudi Kab. Bireuen secara langsung dan Pengurus Rabithah Alumni Dayah MUDI wilayah Jakarta secara virtual. Dalam kesempatan tersebut Abu menerima donasi dari alumni Dayah MUDI Kabupaten Bireuen sebanyak Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah) untuk pembebasan lahan Dayah MUDI 2. Perhelatan akbar Haul Abon Abdul Aziz ke 32 ditutup dengan pembacaan do’a oleh Tgk H. Muhammad Yusuf atau akrab disapa Ayah Sop di Jeunieb. (Rizky.ar)