mudimesra.com-Panitia Hari Besar Islam (PHBI) MUDI Mesjid Raya Samalanga sukses menyelenggarakan Musabaqah Muharram Antar Kabupaten Se-Dayah MUDI tahun 1443 H. Acara ini merupakan agenda tahunan dalam merayakan Tahun Baru Islam. Musabaqah sebelumnya telah dibuka secara resmi pada Selasa malam (10/8/2021) pukul 21.00 WIB oleh Aba Sayed Mahyiddin TMS selaku wadir II. Dalam pidato pembukaannya Aba mengharapkan kerjasama panitia dalam menyukseskan acara ini. Musabaqah berlangsung selama 4 hari hingga Sabtu pagi (14/8/2021).


Untuk tahun ini, PHBI memperlombakan 17 cabang musabaqah diantaranya: fahmil kutub, qiraatul kitab al-mahally, qiraatul kitab fathul mu'in, qiraatul kitab fathul qarib, hafalan bait jauhar maknun, bait sulam munawraq, bait matan jauharah, pidato dalam 4 bahasa, lalaran alfiyah, menulis opini dalam 3 bahasa, kaligrafi, dan tajhiz mayat. Tujuh belas cabang lomba tersebut diselenggarakan di 5 lokasi yang berbeda, yaitu panggung utama, masjid, meunasah mideun jok, aula kampus IAIA, dan bale beton. Musabaqah berlangsung malam hari mulai pukul 20.30 sampai 00.30 WIB dan dilanjutkan pada pagi hari mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. 


Tadi malam (14/8/2021) musabaqah resmi ditutup dengan pengumuman para juara musabaqah dan juara kelas. Berdasarkan hasil yang diperoleh, Aceh Utara kembali meraih juara umum musabaqah dengan perolehan 15 point dari tiap-tiap cabang musabaqah. Sedangkan juara umum bidang pendidikan diraih oleh Kabupaten Pidie. Abiya dalam pidato penutupannya menyampaikan terima kasih kepada pengurus dan anggota PHBI periode 1441-1442 H yang telah sukses menyelenggarakan musabaqah muharram tahun ini. (IM)