mudimesra.com-Pengurus majelis pengajian TASTAFI Aceh menerima penghargaan atas donasi berjumlah Rp. 106.000.000 (Seratus enam juta rupiah) untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron untuk rakyat Palestina. Penyerahan donasi dilakukan secara virtual oleh Abu MUDI bersama beberapa pengurus TASTAFI lain di antaranya, Rektor IAI Al-Aziziyyah, Dr. Tgk. Muntasir, MA, Abi Ismail Mideun Geudong, Wadir II MUDI, Aba Sayed Mahyeddin, yang bertempat di ruang pimpinan dayah MUDI Mesjid Raya, Samalanga.


Dalam hal ini, PP Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai mediator menyambut dengan baik konstribusi ini. Kyia Sudarmoto, yang telah diamanatkan sebagai ketua mediasi proyek pembangunan rumah sakit dimaksud meyampaikan bahwa telah banyak kerusakan infrasruktur di Paletina akibat aneksasi Israel sehingga perlu adanya perbaikan. Dana yang sudah terkumpul hingga saat ini adalah Rp.24 milyar dari dana yang dibutuhkan sebanyak Rp.87 milyar. Tetapi pihaknya optimis jumlah ini akan tercapai berkat dukungan semua muslimin. 


Kyiai Sudarmoto menambahkan bahwa donasi kepada bangsa Palestina adalah bukti eratnya ukhwah islamiyah dan insaniyah umat Islam. Pembangunan ini akan berjalan hingga tahun 2023, karena demikian kepada siapa saja bersedia menjadi donatur masih terbuka peluang yang amat besar untuk menjadi bagian dalam tugas mulia ini. “Penjajahan di atas muka bumi harus dihapuskan dan kesejahteraan adalah hak semua bangsa,” tuturnya.


Sekjen MUI, Amirsyah Tambunan dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa persatuan umat akan memudahkan penyelesaian persoalan umat. Beliau mengenang sebuah sebuah desa di jawa timur yang sanggup mengumpulkan dana hingga 30 juta, sebuah nominal yang cukup tinggi diperoleh dari sebuah desa, maka diharapkan semua daerah dapat mengikuti jejak yang sama.


Wadir II, Aba Sayed Mahyeddin dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa niat mengirimkan donasi kepada rakyat Palestina sudah terpikirkan sejak lama, hanya saja belum menemukan mediator yang tepat. Maka MUI adalah oase di tengah padang pasir yang dinilai tepat dan amanah. (ABR)