mudimesra.com-Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) ke-II Aceh tahun 2021 yang diselenggarakan pada 13-16 Oktober 2021 di Asrama Haji Embarkasi, Aceh resmi ditutup pada Sabtu, 16/10/21 malam. Pada perhelatan tahun ini, beberapa santri Dayah MUDI yang mewakili Kabupaten Bireun berhasil menggandeng juara beragam dari berbagai tingkatan, mulai marhalah ula, wustha hingga ulya.

Dari Marhalah Ulya, tampil sebagai juara Tgk. Muhammad Khairul Muammar yang meraih juara I pada cabang lomba Nahw, Tgk. Muhammad Nailul Mubarak juara II cabang lomba ushul fiqh, Tgk. Ibnu Mulqan juara III cabang lomba tafsir, dan Tgk. Zulfikri juara III cabang lomba balaghah. Pada Marhalah Wustha tampil sebagai juara Tgk. Najmus Tsaqib yang meraih juara II cabang lomba tafsir dan terakhir pada Marhalah Ula tampil Tgk. Najmul Hadi tampil sebagai juara Harapan I.

Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LBM MUDI yang bertindak sebagai ketua pendamping peserta delegasi Kabupaten Bireun, Tgk Faisal Murni menyampaikan bahwa peserta telah berusaha maksimal dalam mempersiapkan perlombaan. Kitab-kitab yang diperlombakan telah jauh hari dimuthala’ah dan dipelajari secara serius, baik jauh hari sebelum berangkat ke Banda Aceh begitupula saat di sana.”

Selanjutnya Tgk Faisal berterimakasih kepada semua pendamping yang selama ini sudah mendampingi serta membimbing peserta, bukan hanya dalam mengurus keperluan administrasi tetapi juga membimbing persiapan materi kitab yang akan diperlombakan. “Usaha dari peserta dan pendamping sudah totalitas walaupun hasil akhir belum seratus persen dicapai sesuai yang diharapkan. Untuk ke depannya prestasi yang sudah ada bisa dipertahankan serta dimaksimalkan lebih matang lagi. Usia para peserta kita masih muda sehingga sangat potensial dalam berkontribusi untuk beberapa perhelatan MQK di masa selanjutnya,” tutup Tgk Faisal Murni.

Selain itu, ada pula santri MUDI yang memperoleh juara I (satu) MQK II Aceh yang mewakili dari berbagai kabupaten, yaitu: Tgk. Disky Indrawa (Balaghah Putra) Kota Subulussalam, Tgk. Nailul Husni (Ushul Fiqh Ulya Putra) Kabupaten Aceh Timur, Tgk. Sa'id Al-Khudri (Tarikh Wustha Putra) Kabupaten Aceh Tengah, Tgk. Yuliana (Ilmu Tafsir Putri) Kota Subulussalam, Tgk. Zahrina Zakia (Balaghah Ulya Putri) Kota Banda Aceh, Tgk. Mahiratun Nisa (Tarikh Wustha Putri) Kabupaten Pidie, dan Tgk. Isma Linta (Nahwu Ulya Putri) Kota Lhokseumawe. (ABR)