mudimesra.com-Alhamdulilah tepat pada 29-Dzulqaedah/29 Juni 2022 Tim Falakiyah MUDI Mesjid Raya Samalanga melakukan kunjungan ke Observatorium Tgk. Chik Kuta Karang, Lhoknga-Aceh Besar. Pada kesempatan ini Tim Falakiyah MUDI Mesjid Raya disambut hangat oleh Tim Falakiyah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh yang diwakili oleh Ust. Rahmatul Fahmi, Ust. Aznur Johan dan Ust. Fayyad Musaddaq sebagai pemateri serta pemandu kegiatan di lapangan.


Kegiatan ini bertujuan untuk mendalami serta ikut andil dalam pengembangan ilmu falak khususnya di LPI MUDI MESRA dalam meningkatkan pengembangan mutu serta  kualitas tenaga pengajar dan matrikulasi dalam khazanah keilmuan agama Islam dibidang Ilmu Falak dengan tema “Teori, Metode dan Praktek Kalibrasi Arah Kiblat serta Simulasi Praktek Rukyatul Hilal”.


Dalam kegiatan praktek kali ini Tim Falakiyah MUDI MESRA Mendapatkan materi dan praktikum kalibrasi arah kiblat menggunakan instrumen Theodolite dan Mizwala. Disamping itu, di sore hari dilanjutkan dengan praktek Rukyatul Hilal awal bulan Dzulhijjah 1443 H menggunakan Teleskop dan Theodolite yang ada di Obsevatorium Tgk. Chik Kuta Karang.


Semoga pada kesempatan ini Tim Falakiyah MUDI MESRA terus berkembang dalam melakukan pengembangan dan merawat khazanah keilmuan islam khususnya di bidang Ilmu Falak. (Redaksi)